Ciptakan SDM yang Terampil dan Siap Kerja

oleh
Nikodemus, SH

SINTANG, KN – Guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang mendorong dinas terkait untuk memperbanyak program pelatihan atau pembinaan masyarakat.

Perihal inipun disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Nikodemus ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang, baru-baru ini.

Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, menilai peran pemerintah daerah sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat. Misalnya melalui program pelatihan kerja yang diharapkan nantinya banyak melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan terampil serta siap pakai dalam kata lain siap bekerja sesuai bidang pelatihan yang diprogramkan.

“Kami dari DPRD menyarankan hal demikian, dalam upaya meningkatkan kualitas SDM, dinas terkait harus menyediakan fasilitas seperti program pelatihan ketenagakerjaan,” ujar Nikodemus menyarankan.

Dengan adanya program pelatihan ketenagakerjaan ini, lanjut Nikodemus, juga erat kaitannya dengan rencana penghapusan tenaga honorer di tahun 2023 mendatang.

“Jika kebijakan pemerintah pusat ini nantinya sudah dilaksanakan, tentu tidak sedikit dari tenaga honorer yang kehilangan pekerjaan tetap mereka. Tentunya ini akan jadi solusi, meskipun masih jauh dari harapan mereka,” ungkap Nikodemus.

“Dan jika benar-benar diberhentikan, pasti mereka akan mencari pekerjaan lagi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, pemerintah hendaknya memberikan wadah seperti tempat pelatihan yang nantinya dapat dimanfaatkan bagi mereka untuk meningkatkan kualitas SDM -nya sehingga siap bekerja,” tambah Nikodemus.

Olehkarenanya, Nikodemus berharap pemerintah dapat menciptakan peluang lapangan pekerjaan baru, sebagai langkah dan upaya menyambut kebijakan pemerintah pusat, terutama berkaitan dengan penghapusan tenaga honorer pada 2023 mendatang.

“Kita harapkan ada solusi dari pemerintah, misalnya menciptakan lapangan pekerjaan baru, dan atau meminta kepada perusahaan perkebunan yang beroperasi di kabupaten. ini, agar dapat menyerap tenaga kerja lokal, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran,” pungkas Nikodemus, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Tempunak ini. (*)