Dewan Dukung Satgas Covid-19 Menangani Penyebaran Virus Corona di Sintang

oleh

SINTANG, KN – Berdasarkan penyelidikan epidemiologi, kasus corona varian baru telah masuk ke Bumi Senentang. Akibatnya angka kasus terkonfirmasi Covid-19 pada Bulan April cukup meningkat.

Atas hal tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny meminta masyarakat untuk tidak kendor menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Kita semua turut prihatin terkait meledaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Sintang. Namun di satu sisi kita juga memberikan dukungan kepada pihak rumah sakit dan Dinas Kesehatan kabupaten sintang karena tracing yang telah dilakukan di sintang sudah cukup baik dan sangat maksimal,” ujar Ronny, Rabu 21 April 2021.

Ronny juga mengatakan pihaknya akan terus memberikan dukungan kepada pihak rumah sakit dan dinas kesehatan dalam hal penanganan pasien corona.

“Intinya kita Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang akan terus mendukung upaya Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dalam menangani penyebaran virus corona di Kabupaten Sintang,” kata Legislator Partai Nasdem ini.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang per tanggal 18 April 2021 kemarin, total spesimen yang diperiksa sebanyak 10.420. Dengan 1.642 kasus konfirmasi positif corona dan 8.106 negatif. Pasien yang sembuh mencapai 1414 atau 86 persen. Dalam perawatan 197 orang atau 2 persen.

14 kecamatan di Kabupaten Sintang, sudah terdampak pandemi Covid-19. Terbanyak di Kecamatan Sintang. Jumlahnya mencapai 1.296 kasus dan 25 orang meninggal dunia. Menyusul kemudian Kecamatan Sungai Tebelian dengan 102 kasus. Total 31 kasus meninggal sepanjang Januari 2020 sampai April 2021.

“Untuk hal ini kita DPRD Sintang mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan 5M, seperti selalu memakai masker dimanapun berada, rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menjaga jarak antar satu dengan yang lain, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas kita,” himbau Ketua Dewan termuda se-kalbar ini. (*)