Dorong Kaum Milenial jadi Legislator Amanah

oleh
oleh
Anggota DPRD Sintang, Billy Welsan

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Billy Welsan mengajak generasi milenial untuk menjadi legislator yang amanah dan komitmen membangun daerah.

Caranya, terlibat dalam dunia politik. Sebab politik adalah alat untuk mencapai tujuan. Untuk itu, Billy Welsan menyarankan agar perluas ilmu pengetahuan dan wawasan mulai dari sekarang, terutama pendidikan politik.

Ihwal ini penting. Sehingga lanjut Billy Welsan, agar generasi milenial tidak terjebak dengan kerasnya kehidupan di dunia politik praktis, maka perlu dibekali pemahaman dan pendidikan politik sejak dini .

“Generasi milenial harus paham, apa saja yang harus dimiliki bila berkeinginan untuk menjadi legislator, sehingga menjadi legislator yang amanah dan dapat membangun kabupaten ini jauh lebih maju dan baik lagi kedepannya,” ungkap Billy Welsan, kemarin.

Billy Welsan berharap generasi milenial agar memperbanyak dan memperluas relasi, kemitraan dan jejaring organisasi. Tentunya ini dapat membuka wawasan yang kuas dalam pandangan politik. “Sehingga generasi milenial yang memiliki tujuan menjadi legislator punya bekal yang cukup untuk masuk dalam kehidupan politik. Jadi, relasi, kemitraan dan jejaring organisasi ini penting dalam diperhatikan dalam dunia politik,” ungkap Billy Welsan.

Untuk menjadi legislatif yang amanah, kata politkus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), generasi milenial harus punya semangat yang tinggi. Ilmu dan pengetahuan yang masih hangat-hangatnya dari bangku perguruan tinggi, akan sangat penting dan bermanfaat di lembaga legislatif sebagai perpanjangan tangan generasi muda yang jumlahnya cukup besar di republik ini.

“Tapi, perlu diketahui, untuk menjadi seorang legislator, tidak cukup hanya dengan ilmu pengetahuan di bangku kuliah. Perlu keahlian dan seni tersendiri sehingga mampu memperjuangkan kepentingan masyarakat,” jelas Billy Welsan.

Billy Welsan menambahkan bahwa keraguan masyarakat terhadap kemampuan berpolitik kaum milenial harus bisa ditepis. Supaya kepercayaan masyarakat pemilih bisa didapatkan.

“Minim pengalaman dan mudah terbawa arus, merupakan tantangan yang harus diantisipasi. Lembaga legislatif merupakan lembaga yang strategis dalam penyelenggaraan negara. Untuk itu, kaum milenial yang ingin menjadi legislator amanah harus memiliki kompetensi di berbagai bidang,” pungkas Billy Welsan, wakil rakyat dari Dapil Sintang 1 ini. (*)