Dorong Pemkab Sintang Percepat Bangun Infrastruktur Telekomunikasi di Pedalaman

oleh

SINTANG, KN – Upaya percepatan koneksi jaringan telekomunikasi di wilayah pedalaman Kabupaten Sintang terus digenjot, hal itu dilakukan agar mempermudah masyarakat pedalaman untuk menerima layanan komunikasi.

Apalagi, guna mengantisipasi percepatan transformasi digital. Perubahan aktivitas dari ruang konvensional ke digital. Percepatan transformasi digital di industri 4.0 untuk mengantisipasi perubahan produksi dan pemasaran yang diperlukan, sehingga aktivitas dilakukan melalui ruang digital.

Tentunya ihwal ini tidak hanya dapat diakes oleh masyarakat di perkotaan saja, namun di pedalaman mestinya mendapatkan layanan yang sama. Karena itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward menyambut baik pembangunan Toer BTS USO dari Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI di Kabupaten Sintang.

“Tentunya kami sangat mendukung pembangunan tower ini, karena ini salah satu infrastruktur yang sering dikeluhkan masyarakat,” ujar Jeffray Ewdward, Selasa (15/6/2021).

Dengan dibangunnya tower tersebut, Jeffray berharap dapat menjawab persoalan yang selama ini dihadapi masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah pedalaman Kabupaten Sintang ini.

“Ya, kalau sudah dibangun tolong dijaga dan dirawat lah tower jaringan telekomunikasi ini, sehingga masyarakat dapat terus menerima sinyal telekomunikasi serta melakukan aktivitas yang saat ini serba digital,” ungkapnya.

Pandemi Covid-19, kata Jeffray, mempercepat proses transformasi digital, karena itu, masyarakat harus survive dalam perubahan. Apalagi ekonomi di seluruh dunia mengalami kontraksi luar biasa, sehingga Sintang harus cepat melakukan perluasan infrastruktur telekomunikasi. Hal ini juga sebagai langkah dalam upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

“Unsur terpentingnya itu adalah tersedianya sinyal jaringan yang memadai, konektivitas internetnya juga. Jadi, infrastruktur ini merupakan prasyaratan yang harus disediakan terlebih dahulu agar masyarakat bisa masuk dan beraktivitas di ruang digitalisasi,” kata legislator Partai PDI Perjuangan ini.

Kedepannya, Jeffray berharap pemerintah melalukan pemerataan dalam membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi di Kabupaten Sintang.

“Masih banyak masyarakat desa di kabupaten ini belum menikmati infrastruktur jaringan telekomunikasi. Jadi, kita harap tidak hanya 163 Tower BTS USO yang dibangun, namun dilakukan pembangunan yang berkelanjutan, hal ini juga untuk menjawab tantangan kita di era digitalisasi,” pungkas Jeffray Edward. (*)