DPMD Melawi Mulai Persiapkan Tahapan Pilkades Serentak

oleh
Sekretaris DMPD Melawi,Punti

Melawi (kalimantan-news.com) – Sebanyak 111 desa yang tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Melawi melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak. Persiapan untuk melaksanakan kegiatan tersebutpun mulai dilakukan.

“Saat ini sedang Pembentukan panitia pilkades, dan sudah lebih 90 persen yang terbentuk. Kecamatan terbanyak yang akan menggelar Pilkades adalah Ella Hilir dan Menukung, dimna masing-masing kecamatan ada 16 desa yang Pilkades. Terbesar jika dibandingkan kecamatan lainnya,” ungkap Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Melawi, Punti, Jumat (17/1/2020).

lebih lanjut Ia mengatakan, Pelaksanaan Pilkades serentak digelar pada tanggal 20 April 2020. Anggaran untuk Pilkadespun sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Melawi yang bersumber dari APBD Melawi.

“Untuk alokasi anggaran Pilkades ini meliputi seluruh tahapan, mulai dari launching, sosialisasi, operasional Pilkades di TPS. Termasuk untuk honor panitia Pilkades, Panwas, petugas keamanan, logistik, baleho dan surat suara serta dana keperluan lainnya. Semua kebutuhan Pilkades tersebut akan disiapkan DPMD,” katanya.

Kabid Bina Pemerintahan Desa DPMD Melawi, Andrianus Metro Thino menambahkan, terkait besaran anggaran Pilkades masing-masing desa ditentukan berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan letak geografis desa serta ketentuan-ketentuan lainnya.

“Anggaran Pilkades dikisaran Rp 30 juta per desa bukan diserahkan atau dikelola desa, namun DPMD yang akan mengelola anggaran sesuai dengan kebutuhan Pilkades yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Dalam Pilkades, lanjut Thino, Pemerintah Desa setempat diperbolehkan menganggarkan dana melalui Alokasi Dana Desa (ADD). “Namun hanya untuk item kegiatan yang tidak dianggarkan di APBD, seperti keperluan makan dan minum saja,” pungkasnya. (Irawan/KN).