DPRD Kabupaten Murung Raya memberikan dukungan penuh terhadap program Pemerintah Kabupaten setempat untuk menurunkan angka stunting

oleh
oleh

Puruk Cahu,KN – DPRD Kabupaten Murung Raya memberikan dukungan penuh terhadap program Pemerintah Kabupaten setempat untuk menurunkan angka stunting. Penting bagi semua pihak, baik itu Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, individu, komunitas, CSR, lintas sektor, maupun swasta, untuk bekerja sama dalam mengatasi tingginya tingkat prevalensi stunting.

Ketua DPRD Kabupaten Murung Raya, Dr. Doni, menekankan bahwa Pemkab Mura tidak dapat bekerja sendiri dalam menurunkan angka stunting di wilayah tersebut. Dukungan dari semua pihak, termasuk DPRD Kabupaten Mura, sangat diperlukan agar target dan program yang telah ditetapkan dapat berjalan dengan maksimal.Jum’at(27/10/23)

Presiden RI, Joko Widodo, telah mengamanatkan kepada semua pihak untuk bersama-sama melakukan percepatan dan penurunan stunting melalui Peraturan Presiden no. 72 Tahun 2021. Semua pihak terkait diharapkan dapat bekerja secara konvergen untuk menyelesaikan permasalahan yang menyebabkan stunting, baik melalui intervensi spesifik maupun intervensi sensitif.

Data menunjukkan bahwa Kabupaten Murung Raya memiliki prevalensi balita stunting tertinggi di Kalimantan Tengah, yaitu sebesar 40,9 persen. Hasil pendataan keluarga juga menunjukkan bahwa risiko stunting di Kabupaten Murung Raya juga cukup tinggi.

Hal ini mengindikasikan bahwa masih banyak yang harus dilakukan untuk mengatasi stunting. Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badan yang berada di bawah standar yang ditetapkan.(Rmd)