Gemarikan Solusi Tekan Stunting

oleh
Wakil Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward

SINTANG, KN – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengajak masyarakat untuk gemar memakan ikan untuk menciptakan generasi yang cerdas dan terhindar dari stunting.

Untuk itu, politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini, mengajak masyarakat melalui gerakan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang digagas oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan ini, untuk meningkatkan konsumsi makanan yang berbahan dasar ikan.

Karena ikan, dinilai Jeffray Edward, memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap, sehingga baik untuk dikonsumsi berbagai kelompok usia.

“Dengan konsumsi ikan yang meningkat akan memberikan multiflier effect terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Dan bisa melahirkan generasi yang cerdas dan sehat yang diharapkan dapat meningkatkan kemajuan bangsa,” kata Jeffray Edward ketika ditemui di Gedung DewannPerwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, baru – baru ini.

Senator DPRD Sintang ini juga berpendapat bahwa dengan mengkonsumsi ikan juga dapat mencegah stunting. Untuk itu, masyarakat harus konsumsi ikan. Sebab, berdasarkan data, tingkat masyarakat konsumsi ikan di Kabupaten Sintang masih rendah.

“Jadi, tingkat konsumsi ikan kita masih rendah. Ini belum mencapai target. Untuk itu perlu langkah menyatukan semua unsur terkait dalam mendorong peningkatan konsumsi ikan, dimulai dari keluarga dan lingkungan sekitar kita,” kata Jeffray Edward.

Kendati demikian, Jeffray Edward mengatakan dalam pelaksanaan Gemarikan ini, tidak hanya merupakan tugas dari Pemerintah saja. Melainkan juga dibutuhkan kesadaran dari masyarakat betapa pentingnya untuk mengkonsumsi ikan.

“Karena dengan meningkatnya tingkat konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Sintang ini, akan turut mendukung pemerintah dalam mempersiapkan generasi muda yang berkualitas,” pungkas Jeffray Edward, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Kelam Permai – Kecamatan Dedai – Kecamatan Sungai Tebelian ini. (*)