Gencarkan Sosialisasi Wajib Pajak

oleh
Florensius Ronny

SINTANG, KN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sintang melalui dinas terkaitnya agar menggencarkan upaya sosialisasi wajib pajak guna membangun kesadaran masyarakat akan membayar pajak.

Dengan pemerintah melakukan upaya sosialisasi diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya untuk membayar pajak tepat waktu, dimana selama ini kesadaran masyarakat tentang bayar pajak dinilainya masih kurang atau minim.

“Kami dari kalangan legislatif sangat mendorong hal demikian, pemerintah daerah melalui instansi terkaitnya harus bisa menggencarkan sosialisasi demi memberi pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat untuk tertib pajak,” ujar Florensius Ronny ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang, baru-baru ini.

Politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu menambahkan, terlebih terhadap Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang perlu dimaksimalkan. Pajak bumi dan bangunan saat ini merupakan salah satu penyumbang terbesar dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kabupaten yang berjuluk Bumi Senentang ini.

“Sebagaimana kita ketahui, beberapa PAD di sektor lainnya belum mencapai target dan salah satu faktornya akibat kurangnya kesadaran masyarakat akan membayar pajak, maka karena itu perlu pendekatan dari pemerintah seperti dengan sosialisasi itu,” kata Folrensius Ronny.

Selain itu, Ketua DPRD Sintang ini juga minta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar menggali potensi PAD di lingkungan kerjanya masing-masing. Sebab dia menilai potensi PAD yang begitu besar, namun belum tergali dengan maksimal.

“Potensi sumber PAD kita sebenarnya besar ga, cuma ini belum tergali dengan maksimal. Nah, kita harap seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang ini dapat melihat peluang PAD yang ada dan juga dikolaborasikan dengan berbagai inovasi dan kreativitas,” pungkas Florensius Ronny, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Kelam Permai – Kecamatan Dedai – Kecamatan Sungai Tebelian ini. (*)