Generasi Muda Harus Mampu Promosikan Seni, Budaya dan Kuliner Daerah

oleh
oleh
Senen Maryono

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono mengajak generasi milineal agar peduli dan melestarikan budaya serta kesenian daerah sehingga tidak hilang ditelan zaman.

“Kesenian darah kita ini banyak, baik dibidang seni musik, seni tari dan lainnya, bahkan banyak potensi alam yang patut di jaga dan dilestarikan keindahan alamnya, misalkan keindahan sungai dan kulinernya,”ungkap Senen Maryono ketika ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, baru-baru ini.

Menurut politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini, berbagai kesenian daerah dan keindahan alam serta kulinernya jangan sampai hilang begitu saja.  Karena itu sudah menjadi tugas bersama untuk menjaga dan melestarikannya.

“Apalagi saat ini hampir di seluruh wilayah Kabupaten Sintang tersedia layanan internet, atau wifi gratis, membuat generasi muda dapat mengetahui dan mempelajari berbagai kesenian dari daerah lain, dan bagaimana cara menjaga, merawat dan melestarikan seni dan budaya di daerah sendiri,” ungkap Senen Maryono, legislator DPRD Sintang ini.

Olehkarenanya, lanjut Senen Maryono, harus ada upaya aktif generasi muda mempelajari berbagai kesenian daerah lain, namun yang paling utama mereka harus bisa menjaganya, adalah melestarikan kesenian, keindahan alam, serta kuliner daerahnya sendiri.

“Saya mengapresiasi beberapa generasi muda kita di Kabupaten Sintang ini sudah mulai peduli dengan seni dan budaya yang ada di daerah ini. Untuk itu, saya harap generasi muda memiliki id-ide cemerlangnya dalam memberikan inovasi dan terobosan wisata daerahnya, karena kita yakini akan berdampak pada generasi muda yang telah memperkenalkan kesenian daerah serta adat dan budaya masyarakat setempat, termasuk kulinernya,” pungkas Senen Maryono, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 1 ini. (*)