Harap Banyak Nakes Ditempatkan di Desa-Desa Terisolir

oleh
Anggota DPRD Sintang, Rudy Andreyas

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Rudy Andreyas berharap banyak Tenaga Kesehatan (Nakes) dapat ditempatkan di desa-desa yang berada di Kecamatan Serawai-Ambalau.

Bukan tanpa alasan, mengingat dua kecamatan tersebut masih banyak terdapat desa-desa yang terisolir. Jalur sungai masih menjadi andalan untuk transportasi, dikarenakan tidak adanya akses jalan darat yang dapat dilalui untuk menuju dari desa ke desa dan dari desa ke ibu kota kecamtan.

“Bayangkan saja kalau tidak ada Nakes di desa, otomatis harus pergi ke pusat ibu kota kecamatan atau desa tetangga yang ada Nakes-nya. Tentu hal tersebut memakan biaya yang besar dan akan memberatkan masyarakat,” ujar Rudy Andreyas saat diwawancarai awak media, kemarin.

Terlebih kata Rudy Andreyas kalau ada keadaan darurat yang memang perlu segera penanganan dari tenaga kesehatan. Tentu hal tersebut akan berdampak buruk. Oleh karena itu, sudah sepantasnya setiap desa di sana memiliki tenaga kesehatan.

“Untuk tenaga kesehata di sana saya rasa sangat diperlukan. Khususnya desa-desa yang ada di Kecamatan Ambalau, kita harapkan banyak di tempatkan di sana. Mudah-mudahan saja ini bisa jadi perhatian Pemerintah Daerah Sintang,” ujar Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini.

Wakil Rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) Serawai-Ambalau ini juga mengatakan, untuk menempatkan tenaga kesehatan di sana, tentu juga perlu dipersiapkan untuk kebutuhan tenaga kesehatan itu sendiri, seperti tempat tinggal dan lain sebagainya.

“Untuk itu perlu juga dipersiapkan, khususnya untuk tempat tinggal tenaga medis, semacam Pustu atau Polindes. Hal ini juga harus diperhatikan agar tenaga kesehatan merasa dihargai perjuangan mereka nantinya kalau bertugas di desa-desa pedalaman sana,” pungkas Rudy Andreyas. (pul)