Ingatkan Kades Agar Bekerja Sesuai Amanah yang Diemban

oleh
Welbertus, Anggota DPRD Sintang

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus mengimbau kepada para Kepala Desa (Kades) yang ada di kabupaten berjuluk Bumi Senentang ini untuk dapat bekerja sesuai amanah yang telah diembannya dari masyarakat.

“Kades mesti menjalankan tugas dan fungsinya sesuai aturan yang berlaku. Jangan sampai keluar dari norma-norma hukum yang telah ditetapkan,” ujar Welbertus belum lama ini.

Bukan tanpa alasan, mengingat kata Welbertus selama ini kerap terjadi Kades harus berurusan dengan pihak berwajib karena telah menyalahi aturan kekuasaan yang diembannya.

“Sering kita dengar di berita-berita Kades harus mempertanggung jawabkan perbuatannya karena telah menyalahi kekuasaannya. Terlebih perihal Dana Desa (DD),” utaranya.

Maka dari itu, Kades dimintanya jangan sampai silau mata karena melihat anggaran DD yang begitu besar sehingga berniat untuk menyelewengkannya. Karena hal tersebut tidak hanya dapat merugikan dirinya tapi juga merugikan masyarakat.

“Intinya itu. Jangan sampai menyalahi aturan yang sudah dibuat. Jadikan  tanggung jawab ini sebagai bentuk untuk membangun desa masing-masing agar lebih baik lagi ke depan,” imbaunya.

Terlebih kata Politisi Partai Demokrasi Indonesai (PDI P) ini, bagi para Kades yang baru terpilih pada Pilkades serentak yang diselenggarakan di Kabupaten Sintang beberapa waktu lalu.

“Kita ketahui ada 72 desa yang menggelar Pilkades serentak di Kabupaten Sintang, kita harapkan Kades terpilih ini juga dapat menjalankan amanah yang telah dipercayakan masyarakat dengan baik,” ungkap Welbertus.

Tak hanya itu saja, Kades terpilih ini diharapkan Welbertus juga dapat terus belajar untuk meningkatkan kualitas demi membangun desanya masing-masing, sehingga desa yang ada di Kabupaten Sintang ini maju dan terdepan.

“Kita harapkan mereka juga cepat dilantik sehingga dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagaimana mestinya. Sekali lagi saya ingatkan, agar para Kades jangan coba-coba berniat untuk melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan sumpah janji mereka,” pungkas Welbertus. (pul)