Jaga dan Rawatlah dengan Baik Hewan Peliharaan

oleh
Mainar Puspa Sari

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari mengimbau kepada masyarakat agar menjaga kesehatan hewannya.

“Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, perlu rasanya menjaga kesehatan peliharaan dengan melaksanakan vaksinasi secara rutin setiap setahun sekali,” kata Mainar Puspa Sari ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang, baru- baru ini.

Politikus Partai Demokrat (PD) tersebut menjelaskan, ada penyakit yang hanya menular ke sesama hewan, tapi ada juga yang bisa menular ke manusia.

“Oleh karena itu, saya mengimbau agar masyarakat bisa memberikan vaksin secara rutin kepada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Mengingat 2 hewan tersebut paling banyak dipelihara masyarakat,” ungkap Mainar Puspa Sari.

Wakil rakyat itu juga mengingatkan agar masyarakat selalu waspada terhadap penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan. Karena tidak menutup kemungkinan hewan peliharaan juga bisa tertular apabila kontak langsung dengan hewan yang sudah terinfeksi.

“Pada umumnya, penyakit yang biasa menulari hewan peliharaan adalah rabies, scabies, jamur dan parasitm seperti cacing dan kutu. Namun tidak menutup kemungkinan, hewan peliharaan juga bisa tertular PMK apabila menjalin kontak langsung. Untuk itu, saya mengimbau agar masyarakat tetap waspada,” ujar Mainar Puspa Sari.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Sintang 1 ini, mengatakan bahwa vaksinasi menjadi salah satu upaya dalam pencegahan virus bagi hewan peliharaan. Pasalnya, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing cukup rentan terhadap serangan virus, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

“Kalau mau memelihara hewan, artinya juga harus berkomitmen sekaligus bertanggungjawab atas hidup hewan tersebut. Sehingga wajib bagi masyarakat yang memelihara hewan untuk melakukan pemeriksaan serta memberikan vaksinasi secara rutin. Apalagi hewan tersebut merupakan hewan kesayangan,” pungkas Mainar Puspa Sari, Srikandi DPRD Sintang ini. (*)