Jaga Kebersihan dan Jangan Buang Sampah Sembarangan

oleh
Senen Maryono

SINTANG, KN – Sampah menjadi salah satu masalah lingkungan yang sampai saat ini masih sulit diatasi. Kita sebagai manusia adalah penghasil sampah. Namun, yang jadi masalah bukanlah sampahnya, melainkan perilaku orang yang membuang sampah tersebut tidak pada tempatnya.

Kemasan makanan, puntung rokok, botol minuman bekas, hingga sisa makanan adalah sampah-sampah yang sering kita lihat berserakan di lingkungan. Awalnya mungkin memang tampak sedikit, namun jika dibiarkan dan akhirnya menumpuk, kebiasaan ini akan membawa dampak buruk bagi lingkungan kita.

Membuang sampah sembarangan akan mencemari lingkungan kita dan secara signifikan mengurangi penggunaan, kenikmatan, dan nilai tempat-tempat umum kita. Hal ini membuat lingkungan tampak kotor dan tidak terawat, dan membuat banyak orang jadi tidak nyaman.

Dampak buang sampah sembarangan bukanlah hal yang bisa disepelekan. Perihal inipun diungkapakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang, baru – baru ini.

Menurut politikus Partai Amanat Nasional (PAN), karena sampah yang bertebaran itulah banyak menimbulkan dampak terutama bisa menyebabkan banjir, kehidupan hewan terganggu, dan kesehatan manusia terancam.

Selain menjadi tempat berkembangbiaknya berbagai macam bakteri, lanjut Senen Maryono, sampah yang dibuang sembarangan juga bisa menjadi sarang bagi nyamuk untuk bertelur dan kemudian menyebabkan penyakit demam berdarah.

“Penyakit-penyakit ini bisa dihindari hanya dengan membiasakan diri untuk selalu membuang sampah pada tempatnya,” ulas Senen Maryono, wakil rakyat dari Dapil Sintang 1 ini.

Olehlarenanya, Senen Maryono berpesan kepada masyarakat untuk peduli dan bersama-sama dalam menjaga kebersihan lingkungan, dimulai dari lingkungan rumah dan sekitarnya.

Menurut Senen Maryono, sampah adalah mutiara karena apabila sampah dikelola dengan baik dan benar akan bermanfaat dan bernilai.

Tidak lupa, Senen Maryono juga berpesan agar masyarakat tidak membuang sampah secara sembarangan seperti di jalan, sungai, parit maupun tempat lainnya.

“Sebab sekecil apapun sampah itu, tetap harus kita buang pada tempat yang telah disediakan,” ulas Senen Maryono.

Karena menurut Senen Maryono, apabila masyarakat membuang sampah sembarangan, maka itu sama saja telah membuat lingkungan sekitarnya menjadi kotor.

“Marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan kita agar menjadi Kota Sintang yang bersih dan sehat,” pumgkas Senen Maryono, wakil rakyat dari Dapil Sintang 1 ini. (*)