Jalan Penghubung yang Baik jadi Akses Utama Percepat Tumbuhnya Ekonomi Rakyat

oleh
Florensius Roni

SINTANG, KN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny meyakini melalui akses jalan penghubung antar desa maupun kecamatan di wilayah setempat yang baik, tentunya akan membawa dampak yang baik pula salah satunya mempercepat laju perekonomian masyarakat.

“Kita sepakat jika infrastruktur jalan merupakan sarana utama dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat, maka dari itu hendaknya fokus utama program pembangunan pemerintah daerah fokus pada peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan,” kata Florensius Ronny ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang, baru-baru ini.

Menurut politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini, jika akses jalan yang baik tentunya akan berdampak pada roda perekonomian masyarakat akan cepat berputar.

“Karena tak jarang juga hasil-hasil usaha masyarakat yang di bawa dan dijual itu harus keluar kecamatan ataupun daerah,” ujar Florensius Ronny.

Lanjut legislator DPRD Sintang ini menambahkan, melalui pembangunan infrastruktur jalan yang memadai akan membawa dampak baik bagi semua lini yang ada dan bukan hanya berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi saja.

“Tetapi juga berdampak pada pemerataan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, mengurangi kesenjangan kesejahteraan, meningkatkan lapangan pekerjaan serta meningkatkan produktivitas pendapatan,” ulas Florensius Ronny.

Kendati demikian, Florensius Ronny menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh lapisan masyarakat di Bumi Senentang ini, karena akibat dampak pandemi Covid-19 dua tahun belakangan ini membuat postur APBD Sintang mengalami penurunan yang begitu signifikan.

Ditambah lagi, kata Florensius Ronny, keuangan negara difokuskan untuk menekan lanju penyebaran pandemi Covid-19, sehingga banyak pembangunan yang telah direncanakan terpaksa tertunda.

“Tapi kita harap tahun 2023 mendatang kondisinya sudah kembali normal, sehingga apa yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat dapat direalisasikan melalui program-program pembangunan yang sudah disrpakati antara eksekutif dan legislatif,” pungkas Florensius Ronny, wakil rakyat dari Dapil Kecamtan Kelam Permai – Kecamatan Dedai – Kecamatan Sungai Tebelian ini. (*)