Kata Senen Maryono, Budaya Literasi Mampu Ciptakan Generasi Berprestasi

oleh
oleh
Anggota DPRD Sintang, Senen Maryono

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono mengatakan kemampuan literasi yang baik mampu menjadikan generasi penerus semakin berprestasi dalam berbagai bidang. Apalagi di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi informasi.

“Literasi merupakan keterampilan penting bagi hidup. Proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Literasi yang tertanam dalam diri memengaruhi tingkat keberhasilan,” kata Senen Maryono ketika ditemui sejumlah awak media Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, belum lama ini.

Literasi adalah kemampuan untuk membaca, menulis dan membangun komunikasi. Membaca, kata Senen Maryono, salah satu kegiatan dalam berliterasi yang merupakan keterampilan dalam proses pembelajaran karena membaca dapat memperoleh berbagai sumber informasi.

Literasi, kata Senen Maryono, dapat menjadi sarana bagi pelajar dalam mengenal dan memahami ilmu yang didapatkan di sekolah yang memiliki manfaat untuk meningkatkan nilai mata pelajaran dan meningkatkan kreativitas siswa dalam berpikir.

“Literasi memerlukan dorongan dan motivasi yang tinggi, karena sangat lemahnya minat pembaca. Kurangnya minat literasi tentu akan berdampak buruk pada kemajuan bangsa dan negara Indonesia, khususnya di Kabupaten Sintang,” ungkap Senen Maryono.

Literasi yang baik kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini, dapat mengasah kemampuan untuk berpikir secara kritis, kreatif, inovatif serta menumbuhkan budi pekerti. Olehkarenanya, lanjut Senen Maryono, bahwa keterampilan berliterasi juga dapat mendorong untuk bisa memahami informasi secara reflektif, analitis dan krisis.

“Untuk itu, bagi generasi muda harus sudah mulai menerapkan budaya membaca atau literasi karena ini tidak ada ruginya buat kita, untuk sekarang atau masa depan, karena literasi sangat penting,” pungkas Senen Maryono, wakil rakyat dari Dapil Sintang 1. (*)