Ketua Komisi V DPR-RI Minta Kementerian PU Mengaudit Jembatan Ketungau

oleh

SINTANG, KN – Disela perjalanan kunjungan kerja menuju Kecamatan Ketungau Hulu, Ketua Komisi V DPR-RI Lasarus menyempatkan diri melihat progress jembatan Ketungau Dua yang ada di Merakai, Kecamatan Ketungau Tengah, Selasa (3/11/2020).

“Saya jujur saja seumur hidup saya baru melihat jembatan dibangun dengan cara begini dengan bentang sepanjang ini, tetapi oleh karenanya supaya nanti barang ini baik bagi semua pihak, saya minta kepada Kementerian PU utus tenaga ahli jembatan untuk mengaudit sebelum jembatan ini dilanjutkan” papar Lasarus.

Dikatakan Lasarus, jika dari Kementerian PU sudah mengauditnya, bagaimana melanjutkan jembatan Ketungau dua ini dengan kondisi seperti yang ada sekarang, supaya standar jembatan ini nantinya bisa memenuhi syarat sesuai dengan standar jembatan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian PU selaku pembina jasa konstruksi.

Kondisi Jembatan Ketungau

“Saya minta tolong kepada Kementerian PU, dan saya juga sudah bicara dengan pak Menteri PUPR dulu, karena jembatan Ketungau Dua inikan rangkanya bantuan dari pusat, hibah dari Kementerian PU, dan ada tanggung jawab kementerian PU juga selaku pembina konstruksi ya, kita harap nanti teman-teman dari Kementerian PU agar bisa mengaudit dulu kondisi jembatan dulu yang sudah ada, ini audit fisik namanya, supaya ketika dilanjutkan betul-betul dengan standar sebuah jembatan” tambah Lasarus.

Lanjut Lasarus, rangka baja dengan bentang sepanjang itu standar teknisnya itu harus terpenuhi, kalau standar teknis nya tidak terpenuhi itu bisa membahayakan pemakai jembatan ini kedepannya, manakala jembatan ini dianggap sudah jadi, tetapi secara teknis tidak memenuhi persyaratan. (Fr)