Komisi A Pantau Langsung Penyaluran BLT di Desa Melingkat

oleh
Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa memantau langsung penyaluran BLT di Desa Melingkat, Kecamatan Kayan Hilir, Senin (8/6/2020).

SINTANG, KN – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa memantau langsung penyaluran BLT di Desa Melingkat, Kecamatan Kayan Hilir, Senin (8/6/2020).

Santosa menilai penyaluran BLT di Desa Melingkat sudah tepat sasaran. Setiap kepala keluarga (kk) menerima Rp600 ribu. Ihwal itupun sesuai dengan petunjuk dari Kemndes PDTT RI dalam penanganan warga kurang mampu atau miskin yang terdamlak virus Corona atau Covid-19.

“Sejauh ini Desa Melingkat sudah sangat bagus penyalurannya, sudah sesuailah dengan petunjuk Kemendes PDTT,” ujar Santo.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu juga menyampaikan bahwa dengan naiknya angka orang terkonfirmasi positif Covid-19, maka dampaknya pun semakin dirasakan masyarakat. Namun, sudah menjadi tanggung jawab pemerintahlah memperhatikan kehidupan sosial masyarakatnya di tengah pandemi ini.

“Bagi KK yang berhak mendapatkan bantuan terkait bencana covid-19 ini, saya harap bantuan yang disalurkan pemerintah melaui berbagai program dapat membantu meringankan ekonomi masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Herkolanus Roni menyampaikan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dan memantau proses penyaluran BLT di desa-desa di Kabupaten Sintang. Sejauh ini semua berjalan dengan baik dan lancar.

“Prosesnya sedang berlangsung di tingkat desa, hanya saja kita masih mengalami beberapa kendala. Pertama, masih ada masyarakat kita yang menganggap BLT dana desa adalah bagi-bagi uang desa, kemudian masih ada masyarakat yang beranggapan semua terdampak corona tidak perduli kaya dan miskin berhak mendapat BLT dana desa, padahal UU sudah menetapkan siapa saja yang berhak mendapat BLT dana desa. Tapi kita terus berupaya bersama para aparatur desa dan juga tokoh masyarakat setempat untuk memberikan pengertian terkait hal ini,” pungkasnya. (*)