Lansia Harus Dapat Perhatian Lebih dari Satgas Covid-19

oleh
Heri Jambri

SINTANG, KN – Jumlah penderita dan kasus kematian akibat infeksi virus corona (Covid-19) setiap harinya terus meningkat. Sejauh ini, virus corona terlihat lebih sering menyebabkan infeksi berat dan meninggal dunia pada orang lanjut usia (lansia) dibandingkan orang dewasa atau anak-anak.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri mengungkapkan pemantauan terhadap lansia (umur diatas 50 tahun) ini harus menjadi perhatian dan ditingkatkan pemeriksaannya, dan memang virus ini rentan untuk lansia dibandingkan yang muda.

“Kalau orang yang muda walupun tertular dia akan terlihat sehat badanya dan tidak terasa sakit. Kalau orangtua sudah tertular virus ini akan cepat menyebabkan meninggal dunia, angka kematian terkait virus ini mayoritas itu orangtua, bukan yang muda,” kata Heri Jamri.

Oleh karenanya, Heri Jambri menghimbau untuk bersama-sama menajaga mereka yang usia lansia dan menghimbau kepada masyarakat Sintang untuk mematuhi himbauan pemerintah yang telah dikeluarkan dan tidak menganggap enteng permasalahan virus corona ini.

“Marilah kita sama-sama menjaga mereka, dan masyarakat jangan dulu menghadiri acara yang ramai-ramai orang, jangan dulu bepergian ketempat keramaian agar tidak terkontak langsung untuk mencegah penularan Covid-19 ini,” jelasnya.

Selain itu masyarakat juga harus mengikuti anjuran pemerintah untuk mematuhi prokes, pakai masker, jaga jarak, jauhi kerumunan dan cuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir, pungkasnya.  (D2)