Maksimalkan Lahan Tidur untuk Sektor Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Jeffray Edward

SINTANG, KN – Dengan luas wilayah kurang lebih dengan Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Sintang dinilai memiliki banyak potensi alam yang belum dikelola secara maksimal. Terlihat dengan masih banyak lahan tidur yang belum dimaksimalkan oleh masyarakat sekitar.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward ketika ditemui di Gedung Parlemen Sintang, baru-baru ini.

Karenanya, politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini, mendorong agar masyarakat di Bumi Senentang ini dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan dengan maksimal potensi – potensi lahan tidur di wilayahnya masing – masing.

Sebab, ungkap Jeffray Edward, apabila lahan tidur dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, maka akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat itu sendiri. “Tentunya ini juga akan menjadi sumber investasi dalam mendongkrak pemulihan perekonomian masyarakat, khsusunya di lingkungan masyarakat itu sendiri,” ungkap Jeffray Edward.

Untuk itu, legislator DPRD Sintang ini, berharap seluruh masyarakat di Bumi Senentang ini dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan dengan maksimal potensi lahan tidur yang ada di sekitar kawasannya masing-masing, terutama di bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan.

“Ketiga bidang ini, kita yakini dapat mendongkrak ekonomi masyarakat, apabila dikelola dan dimanfaatkan dengan baik dan maksimal. Dan ketiga sektor ini juga sudah membuktikan mampu bertahan di tiap kondisi apapun, seperti halnya pada masa pandemi covid-19,” ulas Jeffray Edward.

Kendati demikian, Jeffray Edward menilai kesiapan dan ketekunan dalam menggali potensi serta kecekatan dalam memanfaatkan peluang, menjadi hal yang harus diperhatikan dengan lebih teliti bagi masyarakat di Bumi Senentang ini.

“Di sisi lain yang penting adalah kreativitas serta inovasi masyarakat menjadi bagian penting yang perlu untuk didorong. Sehingga, pengelolaan dan pemanfaatan lahan tidur milik masyarakat itu bisa benar-benar dimaksimalkan baik untuk memenuhi kebutuhan atau menambah penghasilan,” ujar Jeffray Edward menyarankan.

Setakat ini, Jeffray Edward mengakui dukungan pemerintah, baik melalui pelatihan, bibit, pupuk, dan lainnya masih minim. Karenanya, dia berharap pemerintah daerah juga bisa memberikan dorongan lebih bagi masyarakat dalam pengelolaan lahan tidur tersebut agar menjadi lahan pertanian, perkebunan maupun peternakan dengan maksimal.

“Tentu saja nantinya akan bisa menjadi mata pencaharian baru bagi masyarakat, terutama di sektor pertanian, perkebunan maupun peternakan. Saya berharap masyarakat kita bisa memaksimalkan hal ini. Apalagi ketiga sektor ini merupakan sektor unggulan dalam mendukung arus perdagangan dan perputaran ekonomi di Bumi Senentang ini,” pungkas Jeffray Edward, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kelam Permai – Kecamatan Dedai – Kecamatan Sungai Tebelian ini. (*)