Maksimalkan Museum Dara Juanti Sebagai Sarana Edukasi

oleh
oleh
Anggota DPRD Sintang, Senen Maryono

SINTANG, KN – Kabupaten Sintang, memiliki peninggalan sejarah masa lalu yang hingga kini bisa dinikmati. Salah satunya Museum Dara Juanti.

Museum Dara Juanti merupakan museum yang menyimpan sejarah peradaban peninggalan Kerajaan Sintang yakni istana Al Mukarrahmah. Sampai saat ini keberadaan museum masih sangat baik bahkan menjadi tempat tinggal Sultan Sintang.

Mengunjungi museum tak lain untuk mengetahui bukti-bukti peninggalan yang bersejarah. Olehkarenanya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono mengajak kalangan pelajar dan mahasiswa agar lebih mengenal tentang sejarah dan peninggalannya.

Dengan mengenal sejarah Kabupaten Sintang, kata Senen Maryono, pelajar dan mahasiswa bisa melihat ragam benda bersejarah pada masa kerajaan Sintang di beberapa tahun silam.

Semua benda-benda bersejarah tersebut tersimpan dengan rapi di lemari-lemari etalase yang tidak bisa dijangkau oleh tangan sembarangan. Sehingga keberadaannya masih terjaga dengan utuh.

Untuk mengajak siswa dan mahasiswa mencintai sejarah, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini, menyarankan agar tiap sekolah memiliki program “Kunjungan Pelajar ke Museum”. Hal ini dapat mengedukasi pelajar dan mahasiswa akan sejarah dan peninggalannya, khusus di Kabupaten Sintang ini.

“Kususnya kalangan pelajar dan mahasiswa bisa memaksimalkannya untuk mengenal sejarah dan budaya lokal, sehingga dapat juga dipromosikan kepada daerah lain melalui media sosial dan lainnya,” kata Senen Maryono ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang, baru-baru ini.

Menurut Senen Maryono, Museum Dara Juanti bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, kalangan pelajar dan mahasiswa, agar tida mudah terpolarisasi atau dipengaruhi oleh budaya luar.

“Karena akan mempengaruhi generasi muda sebagai generasi penerus bangsa,” tutur Senen Maryono.

Sebenarnya, kata Senen Maryono, Museum Dara Juanit tidak semata untuk menyimpan barang-barang dengan nilai sejarah semata, namun ada sisi positif lainnya. Ada manfaat lain, yakni keberadaan museum bisa bermanfaat bagi siapa saja.

“Museum membantu kita melihat berbagai macam dimensi tempat, dimensi waktu, dan juga hal lainnya yang lebih luas. Di Indonesia, termasuk Kabupaten Sintang ada banyak sekali kebudayaan yang dapat diketahui di Museum. Bisa memilihnya untuk menjadi tujuan wisata sekaligus tempat mempelajari berbagai pengetahuan,” pungkas Senen Maryono, wakil rakyat dari Dapil Sintang 1 ini. (*)