Masyarkat Kayan Hilir Minta DPRD Sintang Perjuangkan Jaringan Listrik

oleh
oleh
Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Kuet Sung

SINTANG, KN – Selain infrastruktur jalan, jaringan listrik juga kerap menjadi keluhan masyarkat Kabupaten Sintang. Pasalnya masih banyak terdapat daerah-daerah di kabupaten berjuluk Bumi Senentang ini belum teraliri listrik.

Seperti yang disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kuet Sung, bahwa saat menyerap aspirasi di Dapilnya Kayan Hilir,  banyak usulan terkait kebutuhan listrik ini selalu disampaikan masyarakat.

“Jadi masih banyak daerah di Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat belum sepenuhnya mendapat penerangan listrik PLN. Padahal pemerataan listrik masuk desa merupakan dambaan masyarakat setempat,” ujarnya.

Masyarakat di sana kata dia sangat mendambakan listrik. Dirinya dan politisi lainnya dipesankan untuk memperjuangkan jaringan listrik ini. “Masyarakat di sana selalu membicarakan persoalan pemerataan listrik. Maka kita minta pemerintah memperhatikan kebutuhan masyarakat ini,” bebernya.

Dijelaskannya, beberapa desa di Kecamatan Kayan Hilir yang belum sepenuhnya teraliri listrik yakni; Desa Engkerangan, Desa Natai Lesung, Desa Nanga Lidau, Desa Lengkong Bindu, Desa Mekar Mandiri menuju Dusun Lahung Jaya, Desa Mentunai menuju Dusun Nanga Morat.

“Ada juga Desa Sungai Ranap, Desa Natai Tebedak, Desa Jambu, Desa Sungai Menuang, Desa Nanga Mau menuju Dusun Bongkal, Desa Sungai Sintang Dusun Lubuk Besar, Jaya Sakti menuju Dusun Paoh Bora yang masuk dalam Wilayah Kecamatan Kecamatan Kayan Hilir,” terangnya.

Politisi Partai PDI Perjuangan ini mengatakan, jaringan listrik merupakan salah satu sarana yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini, khususnya di wilayah terpencil. Sayangnya hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum menikmati listrik. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus memberikan solusi agar masyarakat di wilayah tersebut dapat menikmati jaringan listrik.

“Indonesia sudah merdeka puluhan tahun namun masih banyak Desa belum teraliri listrik. Ini harus diperjuangkan pemerintah untuk melakukan pemerataan listrik ke seluruh desa agar daerah tersebut tidak semakin tertinggal,” pinta Kuet Sung.

Menangapi hal itu, Wakil Bupati Sintang, Melkianus mengatakan mengenai penambahan jaringan PLN di wilayah Kecamatan Kayan Hilir pemerintah Kabupaten Sintang telah mengusulkan kepada PT. PlN persero untuk pembangunan jaringan listrik secara bertahap dan berkelanjutan.

“Tahun 2022 ini Pemerintah Kabupaten Sintang telah mengusulkan melalui surat Bupati Sintang nomor : 050/1055/IV-BAPPEDA tanggal 9 maret 2022. Hal : usulan percepatan  pembangunan jaringan energi listrik di Kabupaten Sintang tahun 2022,” terangya.

Berkaitan dengan pembangunan jaringan listrik di Kecamatan Kayan Hilir, kata Melkianus pada tahun 2022 pemerintah Kabupaten Sintang telah mengusulkan Desa Sungai Meraya, Desa Pakak dan Desa Lalang Inggar, ketiga desa tersebut telah di verifikasi langsung oleh PT. PLN Persero. (pul)