Minta Anggaran Sektor Pendidikan Dikelola dengan Maksimal

oleh
Anggota DPRD Sintang, Senen Maryono

SINTANG, KN – Anggaran yang telah disiapkan untuk pendidikan diharapkan benar-benar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, dengan tujuan agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sintang.

Perihal tersebut disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono, bahwa instansi terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang harus benar-benar optimal dalam mengendalikan anggaran untuk pendidikan yang telah disiapkan oleh pemerintah itu.

“Tentu harus melihat dari sisi urgen juga, ap yang dibutuhkan pendidikan di Kabupaten Sintang, itulah yang harus diutamakan. Semua itu tentu tujuannya tentu untuk meningkatkan mutu pendidikan kita,” ujar Senen kepada awak media belum lama ini.

Seperti contoh, kata Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, bahwa di pedalaman Sintang infrastruktur pendidikan masih sangat jauh tertinggal, baik itu dari tenaga pendidik, sarana prasarana pendukung dan fasilitas lainnya. Hal urgen seperti itulah yang harus diutamakan dari anggaran yang telah disediakan.

“Kita ketahui bahwa pendidikan kita masih tertinggal jauh kalau dibandingkan dengan pendidikan di Pulau Jawa. Terlebih pendidikan kita yang ada di daerah pedalaman, dan hal itu terjadi disemua sektor. Oleh karenanya hal-hal seperti itu yang harus menjadi perhatian serius, bagaimana dengan anggaran yang ada dapat dioptimalkan untuk peningkatannya,” terang Senen.

Senen juga tak memungkiri, bahwa perihal tenaga pendidik di Kabupaten Sintang ini memang masih jauh dari kata cukup, untuk itu dengan adanya 600 kuota penerima P3K dapat menutupi kekurangan guru yang ada tersebut. Sehingga dengan demikian mutu pendidikan di Kabupaten Sintang juga dapat meningkat.

“Intinya kita harapkan anggaran yang telah dialokasikan untuk pendidikan benar-benar dapat dioptimalkan sehingga bisa mengatasi persoalan pendidikan di Kabupaten Sintang ini. Selain itu kita juga berharap dengan penerimaan guru P3K dapat menutupi guru yang selama ini dialami di Sintang,” tutup mantan Kepala Disdikbud Sintang ini. (pul)