Minta Evaluasi Aturan Usia Maksimal Haji 65 Tahun

oleh
Senen Maryono

SINTANG, KN – Setelah sebelumnya Pemerintah Arab Saudi menutup penyelenggaraan ibadah haji selama pandemi Covid-19, kini pihaknya kembali membuka kuota terbatas bagi penyelenggaraan ibadah haji.

Sejumlah persyaratan pun dikeluarkan salah satunya yaitu pembatasan usia bagi calon jamaah haji. Usia calon jamaah yang diperbolehkan berangkat adalah 65 tahun ke bawah.

Menanggapi ihwal tersebut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono meminta pemerintah pusat agar mengupayakan pelonggaran batas usia calon jamaah haji.

“Harapan kita, hal itu dapat dikomunikasikan lagi mengenai pelonggaran batas usia tersebut oleh pemerintah kita dengan Kerajaan Arab Saudi,” kata Senen Maryono ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang, baru-baru ini.

Hal ini penting!. Sebab, mengingat daftar tunggu keberangkatan haji di Kabupaten Sintang cukup banyak. Pelonggaran ini diperlukan agar jamaah yang usianya 65 tahun ke atas bisa berangkat pada tahun-tahun mendatang.

“Pemerintah harus mencari tahu, apakah pembatasan usia hanya berlaku tahun ini saja atau seperti apa. Jika berlanjut, pemerintah harus dapat berkomunikasi dengan Kerajaan Arab Saudi agar kebijakan itu dievaluasi,”ujarnya.

Kendati demikian, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini, berharap pembatasan usia calon jamaah haji hanya berlaku tahun ini saja. Namun, untuk memastikan hal itu juga perlu ada upaya dari pemerintah.

Terlepas dari hal tersebut, legislator DPRD Sintang ini, mengapresiasi positif kebijakan Kerajaan Arab Saudi yang telah mengizinkan kembali jamaah dari indonesia untuk berangkat haji, dengan mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan penanganan pandemi covid-19 yang sangat baik di Indonesia.

“Kita patut bersyukur semakin baiknya penanganan pandemi covid-19 di Indonesia. Hal ini berdampak positif pada diperbolehkannya calon jamaah haji dari Indonesia berangkat ke Makkah. Kita juga mengapresiasi pemerintah daerah yang fokus menyiapkan keberangkatan calon jamaah haji agar dapat berjalan lancar,” pungkas Senen Maryono, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 1 ini. (*)