Minta Perusahaan Vaksinasi Mandiri

oleh
Hikman Sudirman

SINTANG, KN – Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman meminta semua perusahaan yang berdomisili di Kabupaten Sintang mendaftarkan karyawannya untuk Vaksinasi Mandiri atau Gotong Royong. Langkah perusahaan diperlukan sebagai bagian dari upaya menanggulangi pandemi Covid-19.

Menurutnya, selama ini kalau dilihat dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia banyak ditemukan kasus penyebaran Covid-19 dalam klaster perusahaan. Meskipun Sintang belom ditemukannya klaster perusahaan, namun upaya pecegahan dini harus tetap dilakukan.

Olehkarenanya, Vaksinasi Mandiri diharapkan bisa mencegah terjadinya penularan kasus di lingkup perusahaan dan keluarga karyawan.

“Sudah banyak klaster perusahaan dalam penularan Covid-19, hal itu juga menyebabkan kerugian bagi perusahaan itu sendiri. Untuk mencegah penularan di lingkup perusahaan, maka Vaksinasi Mandiri sangat membantu mencegah terjadinya penularan, agar kabupaten ini tidak terjadi lonjakan kasus lagi,” kata Hikman Sudirman, Selasa (18/5/2021).

Dia melanjutkan, Vaksinasi Mandiri merupakan wujud kontribusi pihak swasta atau perusahaan dalam mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi nasional yang digagas pemerintah.

Hikman Sudirman menilai, tidak mungkin semua vaksinasi bergantung kepada pemerintah. Akan memberatkan. Karena itu pentingnya gotong royong dilakukan.

“Perusahaan yang selama ini sudah mendapatkan input dari para karyawan, sudah seharusnya memberikan servis, dalam hal ini layanan kesehatan kepada para karyawannya,” ujarnya.

Politisi Partai Demokrat ini mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, Vaksinasi Gotong Royong atau Mandiri bisa diikuti semua badan hukum/badan usaha.

Karena itu, menurut dia, karyawan/karyawati, keluarga, dan individu lain terkait dalam keluarga bisa diikutsertakan dalam program Vaksinasi Mandiri tersebut.

Keterlibatan pihak swasta dalam vaksinasi diyakini akan mempercepat capaian target vaksinasi nasional, sehingga pandemi Covid-19 diharapkan bisa semakin cepat diatasi.

Hikman Sudirman berpendapat, sejauh ini program vaksinasi Covid-19 masih jauh dari target capaian, karena berdasarkan data Dinas Kesehatan Sintang, vaksinasi belum mencapau 100 persen hingga ke masyarakat.

“Misalnya saja tenaga guru ya, sampai hari ini belum 100 persen itu baru data di dalam kota ya, belum yang di pedalaman. Untuk itu, perusahaan kita minta untuk melakukan vaksinasi mandiri, sehingga seluruh karyawannya dapat melakukan pekerjaan tanpa adanya rasa bimbang dengan virus covid-19,” pungkasnya. (*)