Pemerintah Diminta Berikan Perhatikan Khusus untuk UMKM

oleh
oleh
Mainar Puspa Sari

SINTANG, KN – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu mendapat sokongan dalam menghadapi pascapandemi Covid-19. Dukungan ini diperlukan karena kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional mencapai 75 persen.

Hal inipun disampaikan oleh Mainar Puspa Sari, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, baru-baru ini.

Politisi Partai Demokrat ini menuturkan, sejauh ini UMKM memiliki peran sentral dalam perputaran roda ekonomi di daerah kabupaten/kota seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Sintang.

Manair Puspa Sari menilai UMKM sudah beberapa kali diuji dengan kondisi yang sangat rumit, seperti pada masa 1998 dan pandemi Covid-19 saat ini yang belum berakhir, namun tetap juga bertahan.

“Coba kita lihat dua tahun belakangan ini ketika pandemi covid-19 mengalami ouncak gelombang tertingginya, betapa tangguhnya UMKM, tetap juga bertahan, ini harus menjadi perhatian khusus agar mereka bisa dibantu permodalan, sehingga roda ekonomi masyarakat tetap berputar dan kembali stabil, meskipun tidak bisa sesempurna sebelumnya, karena keterbatasan anggaran masih menjadi kendala yang dihadapi pemerintah,” ungkap Mainar Puspa Sari.

Mainar Puspa Sari menambahkan, untuk memberikan bantuan permodalan, diharapkan pihak pemerintah tidak memberikan persyaratan yang begitu rumit kepada pelaku usaha kecil dan menengah, agar usaha mereka tetap lancar.

“Kalau kita semua sejalan untuk membantu pelaku usaha kecil dan menengah, maka mari kita sepakati agar jangan ada prosedur yang sulit bagi pelaku usaha untuk memberikan pinjaman modal, sehingga perputaran ekonomi pada kalangan masyarakat tetap berjalan optimal,” tegas dewan dari Dapil Sintang 1 ini.

Pernyataan Mainar Puspa Sari ini disambut baik oleh Heni Astuti, warga Kampung Landang, Kecamatan Sintang, salah satu pedagang makanan dan minuman, yang merupakan pelaku usaha kecil.

Heni Astuti mengatakan, selama ini ia dan teman-teman pelaku usaha kecil dihadapkan pada prosedur berbeli-belit dan jika ada bantuan bunga pengembalian dirasa cukup tinggi, sehingga mereka merasa pemerintah kurang memperhatikan.

“Kami sangat mendukung ide bu Mainar Puspa Sari, dimana selama ini kami memang terkendala dengan permodalan dan berbagai prosedur,” ungkap Heni Astuti.

Olehkarenanya, Heni Astuti berharap, semoga para wakil rakyat yang ada di DPRD Sintang dapat memperjuangkan semua aspirasi para pedagang saat ini. “Ya, kita harap pelaku UMKM mendapat perhatian lah dari pemerintah, terutama soal permodalan,” pungkas Mainar Puspa Sari, wakil rakyat dari Dapil Sintang 1 ini. (*)