Perkuat Kerukunan dengan Nilai-nilai Pancasila

oleh
oleh
Wakil Ketua DPRD Sintang, Heri Jambri

SINTANG, KN – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri, mengajak seluruh komponen masyarakat menjadikan hari bersejarah yaitu Hari Lahir Pancasila 1 Juni sebagai motivasi hidup berbangsa dan bernegara.

Menurut politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, selama Pancasila dijadikan pedoman hidup berbangsa dan bernegara maka perbedaan akan menjadi penguat kerukunan berbangsa dan bernegara. Kelangsungan hidup Negara Indonesia akan terus ada sepanjang masa.

“Tanamkan dalam hati, semua nilai-nilai hidup sudah ada didalamnya, baik dari sila kesatu hingga kelima,” pesan Heri Jambri Rabu (1/6/2022).

Selama nilai-nilai Pancasila dipegang teguh dan diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, lanjut Heri Jambri, Niscaya akan tercipta kedamaian dan kebahagiaan.

“Karena, hanya dengan Pancasila persatuan dapat diperkukuh,” tegas Heri Jambri.

Lebih lanjut Heri Jambri mengatakan, generasi muda saat ini, agar senantiasa berpegang teguh pada falsafah bangsa tersebut. Bagaimanapun juga, yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan masa depan adalah generasi muda.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila. di era modernisasi ini tantangannya semakin berat, kami berharap nilai-nilai Pancasila kian terpatri di generasi sekarang,” tandasnya.

Olehkarenanya, menurut Heri Jambri, para generasi penerus perlu ditanamkan pemahaman akan berartinya jiwa patriotisme. Hal tersebut merupakan amanat dari para pendiri bangsa, dimana kebangsaan dan jiwa kenegarawan serta cinta tanah air melalui Pancasila harus terus di jaga. Sebab, Pancasila merupakan dasar-dasar kehidupan bangsa Indonesia.

“Pancasila tidak datang dengan ide dan gagasan secara tiba-tiba, melainkan dengan proses dan perjuangan yang begitu panjang. Tentunya, ini menjadi sebuah tantangan bagi kita, bagaimana cara kita kembali meneruskan kepada para generasi selanjutnya. Karena sikap kita saat ini merupakan cerminan yang akan menjadi pembakar semangat anak-anak di masa yang akan datang,” pungkas Heri Jambri, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Binjai Hulu – Kecamatan Ketungau Hilir – Kecamatan Ketungau Tengah – Kecamatan Ketungau Hulu ini. (*)