Pesan Dewan untuk Cakades, Rakyat dan Panitia Pilkades

oleh

SINTANG, KN – Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022 di Kabupaten Sintang masih terus berlangsung. Para calon kepala desa (cakades) saat ini sedang melakukan berbagai persiapan dalam upaya mengambil simpatik rakyat.

Kendati demikian, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Aghstinus Aci mengajak masyarakat untuk menyukseskan Pilkades Serentak Tahun 2022 dengan nanti hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan hak suaranya pada tanggal 18 Oktober 2022 mendatang.

“Kita mengajak dan mendorong masyarakat untuk sukseskan Pilkades, serta gunakan hak pilihnya dengan baik,” ucap Agustinus Aci ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang, baru-baru ini.

Legislator Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini, juga mendorong kepada panitia Pilkades Serentak Tahun 2022 untuk menjalankan tugasnya dengan baik, dan netral atau tidak memihak, agar pelaksanaannya sukses. Kemudian pengawasan dari instansi terkait harus ada, dan tegas.

“Kita harapkan sukses pelaksanaan, dan sukses hasilnya, jadi ikuti ketentuan yang ada,” tegas Agustinus Aci.

Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Tempunak ini menilai dalam Pilkades Serentak Tahun 2022 ada yang masih rawan, apalagi dalam pelaksanaannya tidak diawasi dan ada yang tidak netral.

“Ini pesta demokrasi masyarakat desa, jadi kita dukung berjalan jujur, dan tidak ada kecurangan,” ucap Agustinus Aci berharap.

Sisi lainnya, Agustinus Aci menyampaikan pesan kepada Panitia Pilkades baik kabupaten, kecamatan, dan desa yang mempunyai peranan penting dalam sukses tidaknya Pilkades Serentak Tahun 2022 ini.

“Kamis berpesan kepada Panitia Pilkades, agar berkerja secara profesional, dan tidak berpihak kepada siapapun, serta berkerja dengan teliti,” pesan Agustinus Aci.

Hal itu, lanjut Agustinus Aci, guna meminimalisir permasalahan di kemudian hari. Terutama adanya implikasi hukum dan untuk disiapkan dokumen-dokumen Pilkades dengan baik, serta benar.

“Netralitas panitia akan terwujudnya pilkades yang sukses,” tegas Agustinus Aci.

Selain itu, Agustinus Aci mengingatkan kepada calon kepala desa (Cakades) agar siap menghadapi kenyataan. Baik siap kalah dan menang, apapun itu namanya kontestasi mengharuskan ada menang dan kalah.

“Bila mana tidak terpilih nantinya bisa saling bekerjasama dengan yang terpilih, karena tujuannya tentu untuk membangun desa,” ulas Agustinus Aci.

Legislator DPRD Sintang ini, kembali menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk hadir di tempat pemungutan suara (TPS), dan memilih sesuai dengan hati nuraninya masing-masing, hal itu dapat dinilai baik secara pendidikan, pengetahuan maupun jiwa membangun untuk desanya.

“Kita harapkan semuanya berjalan sukses, lancar, dan aman. Siapapun terpilih adalah pilihan masyarakat, dan siap membangun desa,” pungkas Agustinus Aci, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Tempunak ini. (*)