Petugas Kesehatan diminta Ramah Sama Pasien

oleh
Heri Jambri

SINTANG, KN – Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri meminta petugas kesehatan tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama di wilayah pedalaman Sintang.

“Saya meminta kepada dokter, bidan dan perawat untuk selalu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Baik itu di rumah sakit, puskesmas maupun di pustu-pustu, khususnya di wilayah pedalaman Sintang seperti di Kecamatan Ketungau Hilir, Ketungau Tengah, dan Ketungau Hulu,” kata Heri Jambri, kemarin.

Ia mengatakan, karena sesuai dengan sumpah dan janji seorang petugas kesehatan harus memberikan pelayanan yang baik kepada pasien atau masyarakat. Olehkarenanya, dia meminta bekerjalah dengan hati dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Jangan ada pelayanan yang dibeda-bedakan, semuanya harus sama, baik itu pasien umum dan BPJS,” pesannya.

Menurutnya, para petugas kesehatan ini sudah terbiasa bertemu dengan orang sakit, namun karena terbiasa jangan menjadi tuli.

Artinya jangan memberi pelayanan tidak bagus, karena hal itu akan menambah penderitaan atau membuat pasien semakin sakit.

“Jika mereka dibentak, dimaki dan dimarahi maka dia tidak akan cepat sembuh malah penyakitnya semakin bertambah. Bahkan keluarga mereka akan mencap bahwa pelayanan yang diberikan tidak bagus” ucap dia.

Menurutnya, seorang pasien harus dilayani dengan ramah dan baik. Karena itu merupakan sugesti untuk mempercepat kesembuhan disamping obat-obatan yang diberikan.

“Berilah pelayanan yang ramah dan dengan senyuman, dengan begitu pasien akan merasa terlayani dan membuatnya nyaman selama mendapatkan pelayanan kesehatan dari petugas,” pungkasnya. (D2)