Program Bantuan Pemerintah Harus Singkron dengan Kebutuhan Masyarakat

oleh
Kusnadi Anggota DPRD Sintang

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kusnadi mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang melalui instansi terkait harus memiliki terobosan baru dalam hal pemberdayaan masyarakat.

Maksud dari itu semua kata Kusnadi, harus ada singkronisasi terkait program terobosan baru tersebut dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat dapat terpenuhi.

“Tentu saran tersebut untuk dapat membantu masyarakat dalam hal meningkatkan perekonomian mereka. Dengan begitu kesejahteraan masyarakat juga dapat terjamin. Oleh karena itu, program atau terobosan baru yang akan diberikan pemerintah ini harus dapat dioptimalkan dengan baik,” ujar Kusnadi kepada awak media belum lama ini.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga mengatakan, program bantuan yang selama ini diberikan pemerintah harap dapat dievaluasi. Sehingga apa yang menjadi tujuan dari bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran.

“Kita ketahui bantuan untuk masyarakat itu banyak, baik itu dari pemerintah pusat, provinsi maupun daerah. Hanya saja kita harapkan agar dapat dievaluasi kembali sehingga bantuan sesuai dengan peruntukkannya dan pastinya juga benar-benar tepat sasaran,” terang Kusnadi.

Maksudnya tepat sasaran dan sesuai peruntukannya kata Kusnadi yakni, misalkan kondisi saat ini masyarakat sedang dihadapkan dengan bencana banjir dan juga terkena imbas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Nah bantuan yang diberikan juga harus sesuai dengan kebutuhan yang dialami masyarakat.

“Contoh lain, andaikan ada masyarakat petani butuh bantuan bibit tanaman, tentu harus diberi bantuan bibit tanaman juga, jangan yang diberi malah bibi ikan. Hal tersebut tentu tidak singkron, sehingga masyarakat tidak dapat mengoptimalkan bantuan tersebut,” terang Kusnadi.

Dirinya pun meyakini, kalau semua bantuan tersebut singkron dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarkat, maka akan berdampak juga dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, pemerintah harus memikirkan hal tersebut.

“Upaya pemerintah dalam hal meningkatkan ekonomi masyarakat sejauh ini juga sudah sangat baik. Tapi harapan kita harus lebih baik lagi, terlebih bantuan itu harus singkron dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” pungkasnya. (pul)