Program Pengembangan Sistem UMKM dan Koperasi Harus Didukung

oleh
Welbertus

SINTANG, KN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus mendorong Pemerintah Kabupaten Sintang untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan demi kesejahteraan masyarakat, apalagi saat ini kita dihadapkan dengan pandemi Covid-19.

Menurut Welbertus peningkatan ekonomi kerakyatan akan memberikan dampak baik bagi daerah salah satunya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“Untuk itu, sebagai wakil rakyat kami mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Sintang sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terjamin,” ujarnya.

Lanjut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan adalah dengan meningkatkan program pengembangan sistem Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan memperluas pemberian dana bergulir bagi koperasi dan UMKM dengan maksimal waktu kredit selama tiga tahun.

“Untuk meningkatkannya, tentulah butuh modal, Pemerintah Kabupaten Sintang diharapkan dapat bekerjasama dalam membantu koperasi dan UMKM di Kabupaten Sintang agar bisa mendapatkan bantuan dana tersebut,” ucapnya.

Selain itu, kata Welbertus, Pemerintah Kabupaten Sintang melalui instansi terkait diharapkan dapat memberikan pelatihan manajemen bagi pengurus dan pegawai koperasi dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pada koperasi tersebut, karena tanpa adanya pelatihan agak sulit bagi koperasi dan UMKM dalam mengembangkan SDM nya.

“Tentu dengan adanya pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi koperasi dan UMKM dan pelatihan ini harus berkelanjutan, sehingga SDM nya terus meningkat, baik bagi pengurus maupun pegawai koperasi atau UMKM itu sendiri,” harapnya. (D2(