Program Pertanian Harus Merata Hingga ke Desa

oleh
Zulkarnain

SINTANG, KN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang mengharapkan kepada pemerintah daerah melalui dinas agar program pertanian bisa tertata dengan baik dan merata di tiap desa dan kecamatan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Zulkarnain mengatakan, maksudnya tertata dalam hal ini ialah perencanaan hingga pelaksanaan program pertanian itu sendiri.

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum berkahir saat ini, kata politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, pemerintah pusat sedang gencar-gencarnya program ketahanan pangan dan kedaulatan pangan nasional guna menunjang perekonomian rakyat.

“Mengarah pada hal tersebut, kami berharap program pertanian di Kabupaten Sintang ini harus lebih tertata lagi dalam perencanaannya dan pelaksanaan, baik itu berupa program bantuan cetak sawah, perbaikan akses jalan atau pembuatan saluran irigasi dan alat-alat penunjang pertanian lainnya,” ujar Zulkarnain ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang, belum lama ini.

Yang lebih utama saat ini dalam meningkatkan sektor pertanian, kata Zulkarnain, ialah dukungan yang serius dari pemerintah daerah melalui dinas terkaitnya serta pihak lainnya, contohnya perbaikan saluran irigasi, alat pertanian dan sebagainya yang perlu diprogramkan tiap tahunnya.

“Misalnya alat pertanian, tentu akan memudahkan masyarakat petani untuk mengolah lahan sampai panen, yang harapannya hasil panennya pun meningkat,” kata Zulkarnain menyarankan.

Dan yang tak kalah pentingnya juga, kata Zulkkarnain, adalah memberikan pendampingan dan penyuluh pertanian, agar masyarakat petani bisa diberikan wawasan dan pengetahuan, terutama meningkatkan hasil produktivitas pertanian di tiap masing-masing desa dan kecamatan yang ada di kabupaten ini.

“Saya harap pendamping dan penyuluh pertanian ini dapat membekali dan membina petani yang ada di kabupaten ini, sehingga mereka bisa mendapatkan hasil pertanian yang baik dan memiliki nilai jual di pasaran,” pungkas Zulkarnain, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau ini. (*)