Proyek Jalan APBD Murni Dikerjakan Musim Hujan, Agustinus: Tak Tepat Waktu

oleh
oleh
Anggota DPRD Sintang, Agustinus

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Agustinus mengatakan, bahwa beberapa kegiatan proyek yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil)-nya Sepauk-Tempunak pengerjaannya sudah sesuai dengan standar.

“Kalau dari pengawasan, ada beberapa kegiatan yang kita lihat sudah sesuai dengan standar, akan tetapi ada juga kegiatan yang tidak tepat waktu,” ujar Agustinus saat ditemui di kantor DPRD setempat, Rabu (23/11/2022).

“Tak tepat waktu maksudnya yakni seharusnya pengerjaan itu di awal tahun sudah terprogramkan, karena itu bukan ABT tapi APBD murni. Mei, Juni Juli bukan bulan hujan harusnya dikerjakan, tapi kenapa baru sekarang dikerjakan,” tuturnya.

Contohnya saja kata Agustinus pengerjaan yang tak tepat waktu itu pembanguan jalan di jalur SKPC yang hingga hari ini masih sedang dikerjakan. Pembangunan jalan itu dilakukan disaat cuaca hujan yang kerab melanda.

“Begitu dengan cuaca hujan pembangunan jalan tidak efektif dan efesien. Yang ada malah menimbulkan lumpur baru, menimbulkan jalan yang semakin rusak, yang sebelumnya bisa dilalui motor ketika dipaksakan dengan dikerjakan cuaca seperti ini jadi tidak efektif,” terangnya.

Walaupun demikian, masyarkaat sudah berusaha semaksimal mungkin, dengan artian yang sudah dikerjakan itu ditutup pakai portal sehingga yang dikerjakan tidak bisa dilintasi dengan mobil.

“Hal seperti ini harus menjadi perhatian. Bahkan sampai saat ini jujur saja ada beberapa kontrak kerjanya yang belum selesai. Nah ini yang harus diperbaiki Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sintang,” tegas Politisi Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ini.

Disinggung perihal pengawasan Kepala Desa (Kades) yang ada di Dapilnya sana dalam memantau pengerjaan, Agustinus mengatakan bahwa sudah dilakukan sangat baik, bahkan saat resesnya apa yang menjadi aspirasi mereka juga disampaikan.

“Mereka (Kades) juga menyampaikan program kerjanya, begitu datang program kerja di desa mereka, mereka sudah bisa berkoordinasi dengan kita dan dinas terkait, jadi niatnya sangat baikah untuk membangun,” pungkasnya. (pul)