Ribuan Peserta Ikuti Fashion Karnaval Hari Kartini

oleh

MELAWI- Dalam rangka memperingati hari Kartini 21 April 2018 yang ke – 139, Bupati Melawi Panji, Melepas ribuan peserta kegiatan Fashion Karnaval dan Pawai di lapangan kuliner Nanga Pinoh, Jumat,(20/04). Ribuan peserta perlombaan terdiri dari pelajar, Ibu-Ibu, OPD dan tamu undangan sangat antusias mengikuti dan menghadiri peringatan hari kartini di Kabupaten Melawi dengan diawali Fashion Karnaval dan Pawai mengelilingi kota juang Mulai dari Lapangan kuliner Nanga Pinoh menuju Tugu juang. Setiap pemenang lomba mendapatkan berbagai macam hadiah perlombaan kegiatan dilaksanakan oleh PKK dan Gow dibagikan kepada para pemenang lomba dengan bekerjasama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalbar.

“Peringatan hari kartini.Kita sangat mengharapkan agar dalam peringatan ini menyadarkan kembali terutama pada kaum perempuan merupakan bukan kaum yang lemah,Yang sebenarnya kaum setarah dengan laki-laki .Diangkat oleh Ibu Raden Ajeng Kartini 54 Tahun yang lalu.Bahwa kaum perempuan bisa sama dengan kaum laki-laki,” ungkap Bupati Melawi Panji.

Lebih lanjut ia mengatakan, banyak sekali kaum perempuan yang sudah berkiprah menunjukan kemapuanya,Seperti menjadi Presiden, Mentri, Kepala Daerah dan lain-lian. “Inilah yang harus menjadi kesadran yang total.Agar kita dapat berperan lebih maksimal terutama kaum perempuan,Dengan sadar bahwa kaum perempuan tidak ada bedanya dengan kaum laki-laki,” katanya.

Ia menuturkan, sudah jelas bagimana pun Ibu orang pertama membentukan karakter dan membentuk kepribadian anak-anak yang merupakan penerus bangsa. “Oleh karna itu, Jelas anak-anak sangat banyak karna mereka sasaran dari pembentukan karakter yang baik,” jelasnya.

Panji Berharap peringatan ini merupakan motivasi besar agar semua kita dapat bahu -membahu tidak ada merasa lebih dan kurang semuanya ingin berbuat maksimal untuk Melawi .Sehingga Melawi yang dicintai bisa maju dan terus berkembang.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, Nurbetty Eka Mulyastri Panji yang juga sebagai pelaksana kegiatan peringatan hari kartini mengatakan perjuangan seorang Kartini membuat kaum wanita masa kini bisa merasakan emansipasi. “Karena Kartini, kini wanita bisa menjadi presiden, dokter, atau menteri. Karena itu mari kita mengisi kemerdekaan dengan kemampuan yang kita miliki,” pesannya.

Wanita yang akrab disapa Astrid Panji pun mengapresiasi begitu banyaknya peserta yang ikut memeriahkan peringatan hari kartini kali ini. Tak hanya dari SKPD di lingkungan Pemkab Melawi, tapi juga komunitas dan organisasi kewanitaan yang ada di Melawi ikut terlibat. “Saya berpesan bagi para kartini Melawi, harus semangat dan jadi penggerak pembangunan. Hadapilah masalah dengan semangat,” pungkasnya. (edi/KN)