Sarankan Bangun Kantor Pelayanan Publik yang Mudah Dijangkau Warga

oleh
Lim Hie Soen, Anggota DPRD Sintang

SINTANG, KN – Kemudahan dan kecepatan dan pelayanan bagi masyarakat perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah. Pasalnya, beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Sintang masih banyak masyarakat, khususnya di kawasan pedalaman mengalami kendala mengurus surat keterangan kurang mampu, Adminduk, dan lainnya.

Kendala tersebut salah satunya akses transportasi yang jauh dan juga butuh biaya besar untuk dapat ke kecamatan ataupun kelurahan, khususnya bagi masyarakat yang tinggal jauh dari kawasan perkotaan.

“Kedepan pembangunan fasilitas publik, seperti kantor dinas atau instansi, lebih dekat dengan pemukiman masyarakat. Ini agar mudah dijangkau, ketika ada keperluan atau pengurusan administrasi lebih mudah,” kata Lim Hie Soen, wakil rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 1 ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang, baru -baru ini.

Ihwal inipun bukan tanpa alasan. Pasalnya, Senator DPRD Sintang ini kerap mendapat masukan dari berbagai masyarakat akan persoalan tersebut. Okehkarenanya, dia berharap pemerintah daerah dapat menampung aspirasi rakyatnya ini, terutama pembangunan kantor layanan publik ke depannya dengan memperhatikan jarak agar mudah ditempuh masyarakat.

“Tentunya, uslan masyarakat ini juga harus kita perhatikan dan pertimbangkan dalam melakukan oembangunan pusat perkantoran ke depannya,” kata Lim Hie Soen.

Kendati demikian, kata politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menilai apa yang disampaikan rakyatnya itu merupakan hal yang lumrah. Lantaran persoalan ini yang dirasakan mereka.

“Keluhan ini sangat wajar. Sebab mereka kesulitan mengurus surat keterangan tidak mampu dan berbagai surat penting lainya, karena kantor kecamatan sangat jauh, belum lagi kondisi infrastruktur jalan dan jembatan masih mengalami kegawatdaruratan, sehingga memakan biaya transportasi yabg cukup tinggi apabila harus ke kota untuk mendapatkan pelayanan publik,” pungkas Lim Hie Soen, wakil rakyat dari Dapil Sintang 1 ini. (*)