Senen: Medsos Sangat Berdampak Bagi Masyarakat

oleh
oleh
Anggota DPRD Sintang, Senen Maryono

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono menilai munculnya berbagai aplikasi internet memberikan dampak positif serta dampak negatif bagi kehidupan.

Dampak positifnya, kita menjadi mudah dalam berkomunikasi. Karena Internet mampu menyambungkan satu daerah ke daerah lain, meskipun jaraknya sangat jauh.

Ini adalah satu keuntungan yang didapat dari internet. Melalui internet, kita bisa berkomunikasi dengan orang yang berbeda kota, pulau, bahkan negara.

Sedangkan dampak negatifnya, banyak sekali informasi palsu, Karena banyaknya orang yang bisa mengunggah informasi di internet membuat banyak pula informasi yang ada.Namun informasi yang ada tidak selalu benar dan akurat, banyak sekali oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menyebarkan informasi palsu atau hoax.

Informasi palsu tidak hanya menyebar di media sosial seperti instagram, twitter, facebook, dan lain-lain.Banyak sekali informasi palsu yang menyebar melalui pesan whatsapp, terutama melalui grup ke grup.

Dengan mudahnya jaringan internet di sejumlah tempat mempermudah siapapun untuk mengakses beberapa aplikasi serta mendapatkan informasi terbaru hanya dengan menggunakan smartphone.

“Hanya dengan barang sekecil ini, ada banyak hal yang bisa didapat.Baik itu informasi yang membangun maupun informasi yang dapat menimbulkan perpecahan,” ucap Senen Maryono, pada Kamis 26 Mei 2022.

Untuk itu, Senen meminta kepada pengguna internet untuk bijak dan smart menggunakan smartphonenya sehingga hal-hal baik dari mudahnya akses internet dapat dirasakan.

“Jangan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna, dengan melihat hal-hal yang tidak baik serta menggunakannya untuk memecah belah persatuan yang saat ini sudah terjalin dengan baik.Mari kita smart menggunakan smartphone,” pintanya.

Politisi Partai Amanat Nasional ini juga meminta kepada orangtua untuk tidak lepas kontrol dan selalu memberikan pengawasan saat anaknya menggunakan handphone terlebih lagi yang bisa terakses dengan internet.

“Baru-baru ini, ada aplikasi yang heboh namun sudah ditutup karena lebih banyak memberikan dampak negatif dan positif.Dari kejadian ini, saya merasa mengajak orangtua untuk lebih peduli dan memberikan pengawasan kepada anaknya ketika menggunakan internet sehingga kejadian serupa bisa dihindari dan tak terulang lagi,” ungkapnya.(*)