Senen: Perpustakaan Tak Terpisahkan Dari SDM

oleh
Senen Maryono

SINTANG, KN – Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Senen Maryono mengharapkan seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Sintang baik Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), harus  sudah memiliki perpustakaan.

“Bagi sekolah yang sudah memiliki perpustakaan agar lebih ditingkatkan lagi pengelolaan serta penyediaan buku-bukunya, yang menjadi referensi dalam pembelajaran” kata Senen Maryono, pada media ini beberapa hari yang lalu.

Pasalnya, menurut politisi Partai Amanat Nasional ini, perpustakaan bagian yang tak terpisahkan dari upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) baik bagi pendidik maupun peserta didik.

“Tanpa perpustakaan yang memadai, SDM bukan saja lemah, tapi mutu tak bisa bersaing, sehingga dikhawatirkan SDM Kabupaten Sintang akan terkalahkan dalam persaingan di pasar kerja” ujarnya.

Menurut mantan Kadis Pendidikan ini, upaya pemerintah kabupaten Sintang dalam pembangunan bidang pendidikan, cukup memadai, terutama dilihat dari penyediaan anggaran, yaitu sebesar 20 persen dari APBD atau sesuai amanat perundang-undangan yang berlaku.

Sebagai contoh bidang sarana dan prasarana pendidikan, sejauh ini yang terpantau atau diketahui, Pemkab melalui Dinas Pendidikan, selalu mendapat perhatian, misalnya masalah gedung sekolah yang rusak.

“Keadaan itu terlihat, ketika Komisi C melakukan peninjauan di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Sintang dan hampir setiap desa sudah memiliki gedung sekolah dasar, walaupun masih ada yang beberapa lokal saja” pungkasnya. (Fr)