Sepauk Cikal Bakal Menjadi Wisata Kota Tua

oleh
Tuah Mangasih

SINTANG, KN – Wacana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang menjadikan Kecamatan Sepauk menjadi Wisata Kota Tua mendapat dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih mengatakan Sepauk merupakan cikal bakal Kerajaan Sintang yang telah tercatat dalam bagian sejarah, Sepauk juga kaya nilai historis dan memiliki benda-benda peninggalan bersejarah.

“Saya selaku pribadi dan Anggota DPRD Kabupaten Sintang sangat setuju dengan Wacana dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang tersebut dan kami dari DPRD Sintang juga sangat-sangat mendukung jika Sepauk di Jadikan Wisata Kota Tua di Kabupaten Sintang” ungkapnya saat ditemui di DPRD Sintang kemarin.

Lanjut Tuah, di Kecamatan Sepauk sangat banyak nilai edukasi sejarahnya, ditambah dengan adanya Wisata Kota Tua nantinya tentu sangat berdampak positif terhadap Kecamatan Sepauk dan Kabupaten Sintang.

“Melalui Wisata Kota Tua ini nantinya, kita bisa memperkenalkan sejarah Sintang dengan sangat detail kepada generasi muda termasuk kepada tamu-tamu dari luar Kabupaten Sintang” kata sang pemilik Taman Panorama Kedah Tempunak ini.

Dikatakan Tuah, Status Wisata Kota Tua juga menunjang sektor pariwisata Kabupaten Sintang, Sepauk juga bisa menjadi destinasi wisata bagi para pelancong saat berkunjung ke Sintang.

“Ketika pariwisata kita di Kabupaten Sintang khususnya diwilayah Kecamatan Sepauk sudah maju dan berkembang, tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar Sepauk ini” jelas Tuah Mangasih.(Fr)