UMKM Sangat Berkontribusi Dalam Meningkatkan Perekonomian

oleh
F Ronny

SINTANG, KN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Florensius Ronny mendorong Pemerintah Kabupaten Sintang untuk terus menggalakan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sintang.

Usaha mikro kecil dan menengah memiliki tujuan untuk meningkatkan penghasilan. Dalam melakukan kegiatan dagang semua aktivitas usaha pasti dimulai dari bawah. Seiring berjalan waktu maka akan menemukan pelanggan untuk membeli barang dagangan. Sehingga akan mempengaruhi meningkatnya pendapatan usaha.

Hal ini akan menambah kekayaan bersih pengusaha. Meningkatkan penghasilan bagi seorang pengusaha pasti akan mengubah ekonomi keluarga menjadi lebih baik. Itu sebabnya usaha mikro kecil dan menengah banyak diminati rumah tangga.

Menurutnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat berkontribusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kabupaten Sintang ini.

“Makanya kita dorong terus agar UMKM di Kabupaten Sintang ini agar bisa terus tumbuh dan berkembang di Sintang,” kata Florensius Ronny, beberapa waktu yang lalu.

Lanjut politisi Partai Nasional Demokrat ini, sejauh ini beberapa upaya juga sudah diinisiasi oleh pemerintah melalui skema kerjasama dengan pihak bank, namun program ini kurang tersosialisasikan dengan baik sehingga berkesan tidak ada kegiatan.

“Harapan kita pemerintah harus lebih serius lagi mensosialisasikan UMKM di Sintang ini, sebab dampaknya sangat besar bagi kesejahtraan masyarakat apa lagi saat ini kita di hadapkan dengan masalah virus Corona yang berkepanjangan” kata Ronny.

Oleh sebab, itu kita harapkan Pemerintah harus lebih giat lagi untuk mensosialisasikan UMKM ini, sebab UMKM mampu memberikan sumbangsih besar terhadap pertumbuhan ekonomi kerakyatan di daerah ini, ujar Ronny. (D2)