Usul Dirikan Posko Pemadam Kebakaran di Desa dan Kelurahan

oleh
oleh
Ghulam Raziq, Anggota DPRD Sintang

SINTANG, KN – Musibah kebakaran bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, sehingga perlu langkah antisipasi agar dampak kerugiannya bisa diminimalisir.

Selain membutuhkan peralatan pemadam yang memadai, ketersediaan personil juga sangat dibutuhkan agar penanganan si jago merah bisa berjalan efektif.

Di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat saat ini konsentrasi unit mobil pemadam kebakaran, maupun personil yang memiliki keahlian terbilang masih terpusat di dalam Kota Sintang dan belum tersedia di setiap kecamatan.

Menyikapi hal itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Ghulam Raziq berharap kedepan di setiap kecamatan dapat memiliki mobil pemadam kebakaran sendiri, dilengkapi dengan personil yang terlatih. Hal ini bertujuan agar penanganan kebakaran dapat dilakukan dengan cepat tanpa terkendala jarak dan waktu.

“Seharusnya memang ada di setiap kecamatan. Semoga kedepan bisa di pertimbangkan, sehingga apabila terjadi, kebakaran bisa dengan segera ditangani dengan cepat, tanggap dan tepat,” kata Ghulam Raziq berharap.

Hanya saja lanjut Ghulam Raziq, tahun ini rencana tersebut belum bisa direalisasikan, lantaran keuangan negara atau APBD Pemerintah Kabupaten Sintang masih mengalami keterbatasam, karena fokus menangani masalah pandemi Covid-19 yang belum berakhir, meskipun kondisinya sudah melandai.

“Karena saat ini kita memang memahami kondisi keuangan daerah. Semoga Covid-19 cepat berlalu, sehingga perekonomian kembali pulih, PAD kembali meningkat,” ujar Ghulam Raziq.

Disamping ketersediaan pos dan unit mobil pemadam, yang tak kalah penting menurut Ghulam Raziq adalah penambahan personil yang memiliki pengalaman di bidangnya.

“Prioritas selanjutnya untuk kebutuhan urgen di setiap kecamatan adalah personil pemadam kebakaran yang handal dan terlatih,” ulas Ghulam Raziq.

Kemudian Ghulam Raziq juga menyarankan agar pemerintah daerah mendirikan pos pemadam kebakaran di tiap kelurahan atau desa di kabupaten ini. Langkah ini dinilainya lebih efektif ketika ada peristiwa kebakaran di kawasan rumah penduduk

“Setidaknya langkah penanganan pertama dapat diambil oleh petugas pemadam kebakaran,” pungkas Ghulam Raziq, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 1 ini. (*)