Usulkan BPJS Berikan Layanan dengan Sistem Jemput Bola

oleh
Melkianus

SINTANG, KN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, meminta kepada pihak terkait untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Melkianus mengatakan, khususnya untuk masyarakat yang tinggal di desa-desa terpencil yang jauh dari kantor BPJS, seperti hal-nya yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Binjai Hulu – Kecamatan Ketungau Hilir – Kecamatan Ketungau Tengah – Kecamatan Ketungau Hulu, agar dapat dipermudah.

“Kebanyakan masyarakat saat ini mengeluhkan terkait kendala yang dihadapi mereka untuk membuat BPJS kesehatan, terutama mereka yang berasal dari 4 kecamatan tersrbut. Kendala mereka juga rerata akses jarak yang terlalu jauh jika harus mengurus ke kantor BPJS di Kota Sintang,” ungkap Melkianus.

Dengan persoalan demikian, Melkianus berharap pihak terkait bisa memberikan kemudahan, khususnya pada sistem pelayanan, misalnya mempermudah masyarakat dengan menyiapkan layanan melalui kantor desa terdekat maupun secara program jemput bola.

Dengan program fasilitas kesehatan yang ada pada BPJS kesehatan, sehingga sangat banyak jmasyarakat saat ini yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta pemilik kartu jaminan kesehatan tersebut guna mendapatkan pelayanan serta fasilitas kesehatan yang berkualitas.

Kendati demikian, tidak sedikit dari masyarakat juga yang menurutnya mengeluhkan terkait sistem kolektif yang diberlakukan oleh pihak BPJS kepada seluruh anggota keluarga.

“Adanya sistem kolektif juga menjadi keluhan masyarakat, terutama mereka yang secara ekonomi merupakan keluarga tidak mampu, sehingga sangat mempersulit mereka,” kata Melkianus.

Olehkarenanya, Melkianus kembali berharap agar pihak terkait dapat mempermudah untuk pelayanan pembuatan BPJS di desa-desa, ia juga menginginkan agar sistem kolektif dapat dipertimbangkan guna membantu masyarakat yang secara ekonomi tidak mampu. (*)