Verifikasi dan Validasi Data Penerima Bansos

Lim Hie Soen

SINTANG, KN – Pemerintah Kabupaten Sintang melalui pemerintah desa (pemdes) diminta selalu aktif melakukan verifikasi data kependudukan. Tujuannya adalah memastikan distribusi bantuan sosial (bansos) tak salah sasaran.

Verifikasi dan validasi data itu, kata Wakil Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Lim Hie Soen, sangat dibutuhkan dalam memaksimalkan penyaluran bansos.

Karena itu, lanjut politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, pendamping desa, pendamping program keluarga harapaan (PKH) di tingkat kecamatan, maupun pemdes harus intens memverifikasi data kependudukan.

”Jika ada perubahan, segera laporkan ke Dispendukcapil untuk melakukan pemutakhiran data,” kata Lim Hie Soen.

Wakil rakyat yang akrab disapa Akun itu menambahkan, dibutuhkan kolaborasi yang erat antara Dinas Sosial dan Pemdes serta Dispendukcapil. Agar ada bank data yang selalu ter-update setiap saat.

Olehkarenanya, Lim Hie Soen menyarankan agar semua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang memiliki call center. “Tentunya ini juga untuk mempermudah pelayanan publik di kabupaten ini,” ujar Lim Hie Soen menyarankan.

Selain itu, Lim Hie Soen minta kepada Dinas Sosial juga harus selalu memperbarui data-data penerima bansos untuk memudahkan akses masyarakat. Sehingga penyaluran bantuan sosial bisa tepat sasaran.

“Jadi, semua organisasi perangkat daerah (OPD) mesti lebih erat bersinergi. Dan masyarakat juga harus berperan aktif dalam mengawal sekaligus mengawasi penyaluran bantuan sosial di masing-masing wilayahnya,” ungkap Lim Hie Soen.

Setakat ini, menurut Lim Hie Soen, masih ada bansos yang disalurkan disinyalir belum tersalurkan. Penyebabnya beberapa faktor. Misalnya, alamat tidak ditemukan, di luar kota, kartu keluarga (KK) ganda, atau sudah meninggal.

“Artinya, verifikasi dan validasi data itu sangat dibutuhkan dalam memaksimalkan penyaluran bansos. Untuk itu, kita harapkan semua instansi terkait dapat bersinergi dalam memperbarui data penerima bansos di kabupaten ini,” pungkas Lim Hie Soen, wakil rakyat dari Dapil Sintang 1. (*)