Welbertus Ajak PKK Dorong Masyarakat Desa Suskseskan Vaksinasi Booster

oleh
Anggota DPRD Sintang, Welbertus

SINTANG, KN – Guna mempercepat program vaksinasi pemerintah, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus menyarankan agar pemerintah daerah melalui gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menggaungkan kembali penggunaan masker di ruang tertutup maupun terbuka serta mengajak masyarakat melakukan vaksinasi dosis lanjutan atau booster, terutama di tingkat desa.

“Strategi cuma dua saja, satu adalah memakai masker, kedua adalah mempercepat vaksinasi booster. Masker untuk mencegah penularan, harus dikampanyekan dan dibagikan, yang kedua adalah untuk percepatan booster, baik itu di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa,” ujar Welbertus ketika ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, baru-baru ini.

Apalagi, kata Welbertus, pandemi Covid-19 belum ada kata berakhirnya, meskipun kondisinya mulai melandai. Terkait varian baru covid-19, seperti Omicron BA.4 dan BA.5, sambung dia, diharapkan dapat menjadi atensi bagi Satgas Penanganan Covid-19 agar ihwal tersebut tidak masuk ke kabupaten ini.

Menurut politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, keberhasilan penanganan Covid-19 serta akselerasi vaksin dosis pertama dan kedua yang telah dilakukan sebelumnya merupakan bagian dari hasil kerja keras yang dilakukan PKK.

Karenanya, Welbertus berharap tiap pogram-program yang digalakan PKK dapat mengajak dan mengkampanyekan kembali penggunaan masker dan mengajak masyarakat melakukan vaksinasi booster.

“Saya harap PKK juga bergerak untuk masuk membagikan masker, mendorong masyarakat untuk vaksinasi booster, mengampanyekan, sambil bekerja sama dengan pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi booster baik itu tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa,” ungkap Welbertus.

Legislator DPRD Sintang ini, menilai banyak hal yang dapat dilakukan pemerintah daerah melalui Gerakan PKK, terutama dalam menjalankan program di bidang kesehatan, utamanya posyandu serta penanganan stunting.

Tak hanya itu, Welbertus juga meminta Gerakan PKK terlibat dalam membantu masyarkat mendapatkan akses pendidikan, khususnya di wilayah terpencil, pedalaman maupun perbatasan.

“Penanganan pandemi, kampanye gunakan masker, vaksinasi lanjutan booster, kesehatan dan pendidikan dapat diimplementasikan dan disinkronkan dengan program PKK. Jadi, peran Gerakan PKK ini begitu penting, karena menyentuh seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat kita,” pungkas Welbertus, wakil rakuat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 1 ini. (*)