Tiga Replika Naga dan Belasan Mobil Hias Meriahi Pawai Lampion

oleh
Belasan mobil hias yang memeriahkan pawai lampion pada peryan CapGo Melwi Melawi (Dedi Irawan/Kalimantan-News)

Melawi (kalimantan-news.com) – Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang puncak perayaan Cap Go Meh MABT Melawi melaksanakan pawai lampio. Begtu pula pada tahun 2020 ini. Tiga naga replika serta barongsai dan belasan mobil hias memeriaho pawai lampion, Jumat malam (8/2/2020).

Pawai tersebut terlighat sangat meriah, ratusan warga bekerumun di sepanjang jalan Juang Nanga Pinoh yang menjadi rute jalannya pawai itu. Acara pawai dimulai pukul 19.30 WIB, seluruh peserta berkumpul terlebih dahulu di area Jalan Garuda dan kembali ke lokasi bazar kuliner Cap Go Meh di lapangan Perbasi Nanga Pinoh. Selain lampion, pawai ini juga dimeriahkan dengan atraksi marching band, naga dan barongsai.

Ketua MABT Melawi,Taufik megatakan, pawai lampion Cap Go Meh menjadi salah satu sajian rutin setiap tahun yang dilaksanakan MABT dalam rangkaian puncak perayaan Cap Go Meh di Kabupaten Melawi. Tahun ini peserta pawai lampion Cap Go Meh yang ikut berpartisipasi merupakan etnis Tionghoa saja.

“Ada 15 kendaraaan hias lampion peserta pawai dengan berbagai aksesoris lampion khas Imlek diantaranya, tikus jumbo, jeruk jumbo, lampion jumbo, kaisar dan permaisuri serta rombongan artis. Antusiasme warga menyambut pawai lampion ini sudah ditunggu warga. Hanya sekali setahun kita menonton pawai lampu di dominasi warna merah itu. Terima kasih MABT Melawi,” ujar Surya kepada media ini disela-sela pawai itu,” ungkapnya. (Irawan/KN)