Agustinus Pimpin Penyemprotan Disinfektan di Dua Desa

oleh
Agustinus Saat Memimpin Penyemprotan Disinfektan di Desa-Desa

SINTANG, KN – Anggota DPRD Sintang, Agustinus memimpin langsung proses penyemprotan disinfektan di Desa Tanjung Balai dan Desa Mait Hilir Kecamatan Sepauk.

Kegiatan ini dilakukannya bersama dengan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Kabupaten Sintang dan masyarakat setempat. Selain itu juga kegiatan tersebut juga didukung oleh tenaga dari Polsek dan Koramil Sepauk.

“Kita melakukan penyemprotan disinfektan selama 2 (dua) hari yaitu Sabtu (4/4/2020) di Desa Tanjung Balai dan Minggu (5/4/2020) besok di Desa Mait Hilir. Kegiatan ini kita laksanakan bersama pengurus DPD Perindo Sintang, simpatisan partai, perangkat desa dan melibatkan masyarakat secara langsung,” ungkap Agus.

Selain melakukan penyemprotan kata Agus, juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak keluar kampung atau berpergian jika tidak ada yang penting, selain itu menyediakan tempat cuci tangan di rumah masing-masing, dan menjaga jarak dengan sesama saat berkumpul,” ujarnya.

Kegiatan mendapat tanggapan positif dari masyarakat setempat. Penyemprotan disinfektan sangat marak dilakukan di Sintang dan sekitarnya terutama sejak maraknya wabah Covid 19.

“Mereka sangat senang karna masih ada yang peduli untuk membantu mereka, terlihat mereka sangat antusias ikut melakukan penyemprotan. Dua desa itu, kita menghabisakan sekitar 2.500 liter. Kita semprot semua rumah penduduk dan fasilitas umum di kawasan desa,” kata Agus lagi.

Rencananya kita akan melakukan lagi hal seperti ini di beberapa desa lain, ucap Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Sintang.

Di tempat terpisah, Kabid Logistik BPBD Sintang, Sugianto, menyebutkan bahwa saat ini pihaknya sudah sering melakukan proses penyemprotan disinfektan di sejumlah titik di Sintang. Ia juga menyebutkan pentingnya proses ini terkhusus diarena publik.

“Tujuan kita melakukan penyemprotan disinfektan itu untuk mengurangi siapa tahu ada penularan di lingkungan yang biasa kita berkerumun atau berkumpul seperti di tempat ibadah, kantor-kantor, pasar, atau terminal. Saat ini proses penyemprotan dilakukan dengan jadwal dan jika ada permintaan masyarakat sepanjang barang masih ada,” ungkap Sugianto.

Lanjut Anton cairan disinfektan yang kita sarankan ada setidaknya 12 jenis campuran, misalnya byclin, rinso, detol, wipol digunakan untuk penyemprotan. Untuk orang kita gunakan kaporit,” kata pria yang juga selaku Koordinator Bidang Sumber Daya dan Logistik di Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Sintang itu. (*)