Antisipasi Covid-19, Pelaksanaan MTQ Melawi ke VIII Ditunda

oleh
Bupati Melawi, Panji, bersama Ketua LPTQ Kabupaten Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa, saat melakukan rapat koordinasi terkait pelaksanaan MTQ Kabupaten Melawi ke VIII di Batu Nanta. (Dedi Irawan/KN)

Melawi (kalimantan-news.com) – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten Melawi ke VIII, yang direncakan pada 23 – 28 maret 2020 di Desa Batu Nanta Kecamatan Belimbing Ditunda. Penundaan itu dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran dan penularan kasus Virus Corona (Covid-19) di Kalimantan Barat.

“Karena masa isolasi sampai 2 April 2020, maka pelaksanaan MTQ Kabupaten Melawi di Batu Nanta kita Tunda sampai dengan waktu yang belum ditentukan,” kata Ketua LPTQ Kabupaten Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, ditemui usai Rapat Koordinasi Pelaksanaan MTQ antara LPTQ dan Pemkab Melawi, Kamis (19/3/2020) di ruang Convention Hall Kantor Bupati Melawi.

Sementara, kata Dadi, untuk persiapan MTQ di Batu Nanta sudah mendekati 90 persen, tinggal dilakukan pembersihan saja. “Kami sudah meninjau ke lokasi, hanya tinggal pembersihan saja,” katanya.

Lebih lanjut Dadi mengatakan, pihaknya juga akan melakukan rapat koordinasi pada 26 ini di Sekadau, untuk membahas pelaksanaan MTQ Kalimantan Barat ke XXVIII yang rencananya akan dilaksanakan pada 13-19 April 2020, apakah Ditunda atau dilanjutkan. “Jadi untuk MTQ Kalbar di Sekadau kita tidak tau apakah tetap dilaksanakan atau ditunda ,” paparnya.

Karena, tambahnya, Gubernur Kalbar juga sudah menetapkan kasus Covid-19 di Kalbar, masuk dalam status Kejadian Luar Biasa (KLB). “Maka dari itu, perlu dilakukan rapat untuk kepastiannya,” ujarnya.

Senada, Bupati Melawi juga menyampaikan hal yang sama. Terkait pelaksanaan MTQ Kabupaten Melawi di Batu Nanta, sebaiknya Ditunda, karena berkaitan dengan status KLB Covid-19 di Kalbar. “Kita sama sama mewaspadai dan mengantisipasi penyebaran Covid-19. Pemkab Melawi saya mendukung kegiatan keagamaan, namun melihat situasi dan kondisi, saat ini maka perlu kita waspadai bersama,” pungkasnya. (Irawan/KN)