Cegah Stunting, TP-PKK Gelar Lomba Penyuluhan

oleh

MELAWI, KN – Lomba penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) menjadi rangkaian perlombaan dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 50 tingkat kabupaten Melawi. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis Siang (8/9/2022) di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi itu, diikuti 7 kecamatan yakni, Belimbing, Pinoh Utara, Sayan, Menukung, Nanga Pinoh, Belimbing Hulu dan Pinoh Selatan.

Ketua Pokja I TP-PKK Kabupaten Melawi, Endang Indrawani Belly mengatakan lomba penyuluhan PAAR mengangkat tema “Cegah pergaulan bebas dan pernikahan dini dalam rangka percepatan penurunan angka stunting”.

Menurutnya, anak merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki peran strategis dalam menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara di masa depan. “Sehingga anak perlu mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Baik secara fisik, mental maupun sosial,” katanya.

Endang mengatakan, tujuan dari lomba penyuluhan pola asuh anak dan remaja ini diantaranya mencegah pergaulan bebas dan pernikahan dini pada remaja, guna mendukung percepatan penurunan angka stunting khususnya di Kabupaten Melawi.

“Dengan adanya lomba ini, diharapkan program TP-PKK Kabupaten Melawi khususnya Pokja I dapat berjalan seiringan dengan program pemerintah kabupaten Melawi,” ungkapnya.

Terjadinya pergaulan bebas hingga terjadinya perkawinan dini menjadi salah satu faktor penyebab stunting. Perkawinan dini menjadi beban bagi para pasangan muda yang belum memiliki penghasilan cukup sehingga kebutuhan gizi anak-anaknya tidak terpenuhi secara optimal.

Perlunya strategi pencegahan perkawinan anak salah satunya yaitu melalui lomba penyuluhan yang diselenggarakan TP-PKK Kabupaten Melawi. Kegiatan itu menjadi upaya dalam meningkatkan pengetahuan tentang pola asuh.

Sebagaimana diketahui, didalam keluarga ada lima prinsip pola asuh yakni pendidikan, motivasi, perlindungan, tuntunan, keteladanan dengan dibalut kasih dan sayang, sehingga diperlukan pengetahuan dan pemahaman dari orang tua tentang pola asuh. Sehingga nantinya para orang tua diharapkan dapat memahami dan melaksanakan pola asuh yang baik sesuai dengan harapan. (Ira)

No More Posts Available.

No more pages to load.