Curah Hujan Masih Tinggi, Banjir Kembali Melanda Sayan

oleh
Desa lingkar Indah Sayan, tepatnya di jembatan kenoka kiri. Yang mulai tergenang air. (Ist)

Melawi, KN – Intensitas hujan yang masih tinggi, membuat luapan air kembali terjadi. Seperti yang terjadi di Kecamatan Sayan Kabupaten Melawi. Belum lama banjir surut, luapan kembali terjadi hingga menggenangi sejumlah titip jalan menuju Sayan. 

“Ia betul, hujan selama beberapa hari ini membuat genangan air di sejumlah titik jalan. Seperti di Desa lingkar Indah Sayan, tepatnya di jembatan kenoka kiri. Kemudian di daerah Nanga Sayan di jalan pesisir sungai, itu sudah mulai naik,” ungkap seorang warga Sayan, Lim Hok Min Alias H Suparmin, Selasa (22/9/2020).

Lebih lanjut, Ia mengatakan, berkurangnya daerah serapan air karena hutan yang berubah menjadi daerah perkebunan sawit menjadi pemicu air sangat mudah meluap. “Banjir ini mudah sekali meluap sejak perkebunan sawit masuk ke daerah Sayan. Dimana daerah serapan air sudah menurun,” ucapnya.

Parmin mengatakan, persoalan banjir yang sangat mudah terjadi belakangan ini harus dicari apa yang menjadi penyebabnya. Sehingga bisa bersama-sama mencari solusinya. “Solusinya yang sangat kita harapkan, agar tidak lagi mudah terjadi banjir. Banjir ini salah satu peringatan dari tuhan karena ekosistem yang mulai mengalami kerusakan,” pungkasnya. (Dir)