Dewan Akan Awasi Dana Penanganan Covid-19

oleh
Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny, saat memimpin rapat gabungan komisi beserta sekretariat DPRD Sintang di ruang sidang gedung DPRD Sintang, Kamis (4/6/2020)

SINTANG, KN – Pemerintah Kabupaten Sintang berencana melakukan rasionalisasi anggaran penamganan virus Corona atau Covid-19 untuk yang ketiga kalinya.

Olehkarenanya, lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) memastikan bakal melakukan pengawasan ketat berkaitan dengan penyaluran dana hasil rasionalisasi yang nilainya bombastis tersebut.

“Kita akan melakukan pengawasan, terutama berkaitan dengan penyaluran dananya. Apakah tepat sasaran atau tidak. Terkait rasionalisasi ini tentunya sangat berdampak bagi seluruh kegiatan DPRD. Untuk itu, saya minta agar rekan dewan lainnya tidak cemas dengan rasionalisasi tahap ketiga ini,” ungkap Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny, saat memimpin rapat gabungan komisi beserta sekretariat DPRD Sintang di ruang sidang gedung DPRD Sintang, Kamis (4/6/2020).

Menurut Ronny, rasionalisasi ketiga mesti dilakukan, karena dampak dari pada pandemi virus Corona atau Covid-19 semakin meluas. Selain itu, ada beberapa pembangunan krusial yang harus segera dilaksanakan agar masyarakat dapat merasakannya.

“Tentunya kita harus mempertimbangan pembangunan juga, ada beberapa pembangunan yang krusial yang harus segera dilaksanakan bagi masyarakat. Dan kita juga perlu melihat sejauh mana penyaluran bantuan pemerintah telah diterima dan dirasakan oleh masyarakat sehingga kita bisa mempertimbangkan bantuan selanjutnya untuk membantu rakyat melewati pandemi virus mematikan ini,” katanya.

Ronny berkata, bahwa beberapa reoan dewan lainnya menyampaikan usulan atas temuan dilapamgan terkait penanganan dan penggunanaan anggaran Covid-19 di Kabupaten Sintang.

“Jadi, ini semua atas usulan dan temuan kawan-kawan dewan kita ya. Rata-rata mereka ingin penanganan dan penggunaan dana covid-19 di Sintang menjadi perhatian khusus lembaga legislatif,” tuturnya.

Pengawasan tersebut akan dilakukan bertahap dimulai dengan dengar pendapat dari satuan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sintang.

“Dalam waktu dekat ini, kita akan bertemu dengan TAPD dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Sintang untuk mendengarkan dan menyimak kinerja yang telah mereka lakukan berkaitan dengan dana yang terkumpul untuk penanganan covid-19 di Sintang ini. Lalu kemudian kita akan turun ke lapangan, ke kecamatan untuk mengkonfirmasi ihwal tersebut,” pungkasnya. (*)