Dewan Apresiasi Kecamatan Binjai Bentuk Bank Darah

oleh
Anggota DPRD Sintang, Melkianus

SINTANG, KN – Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Melkianus menghadiri kegiatan donor darah dan cegah stunting bersama relawan Binjai Betalau di halaman Kantor Camat Binjai Hulu, Selasa (2/9/2020).

Melkianus mengatakan selaku mitra pemerintah daerah sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas langkah yang sudah diambil Kecamatan Binjai Hulu ini, para relawan, pendonor, yang sudah memberikan kegiatan kemanusiaan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan darah nantinya.

“Yang saya tau, ini tempat yang pertama atau kecamatan yang pertama di Kabupaten Sintang, ini tentunya berkat kerjasama seluruh elemen masyarakat baik kecamatan, puskesmas, para kades dan lainnya. Kegiatan ini harus di lanjutkan dan di pertahankan, karena ini untuk kemanusiaan” harap Melkianus.

Sementara itu Camat Binjai Hulu, Kusnidar mengatakan kegiatan ini sudah di lakukan dua tahun berturut-turut, dimana pada tahun lalu di bentuk bank golongan darah, tapi belum membentuk relawan, hanya baru membentuk struktur, sistem, perangkat agar kegiatan ini benar-benar serius dan di percaya serta di akui elemen masyarakat.

“Nah, pada tahun 2020 ini kita sudah membentuk relawan, relawan ini terdiri dari berdasarkan golongan darah dan setiap desa tahun ini awal kita ambil satu desa 3 orang pergolongan darah. Jadi ada 4 golongan darah, ada 12 orang di kali 12 desa, jadi sekitar seratus lebih. Kita bersyukur masyarakat di desa siap menjadi relawan” kata Kusnidar.

Kusnidar menuturkan, untuk menentukan relawan tersebut tidak mudah prosesnya, ada proses yang cukup panjang. Dimana kami meminta Puskesmas sebagai ujung tombak terdepan untuk menganalisa yang layak. Karena banyak yang mau tapi tidak layak.

“Maka saya minta kalau screening ini harus dilakukan pada saat masyarakat itu benar-benar steril saat ingin mendonor darahnya”ucap Kusnidar.

Pada kesempatan tersebut, Kusnidar juga memperkenalkan, agar para relawan yang sudah bersedia pendonor darah ini mudah di ketahui, pihaknya memberikan seragam berwarna sesuai dengan kriteria golongan darah masing-masing.

“Seragam merah golongan darah A, seragam biru golongan darah B, seragam hijau golongan darah AB, dan seragam orange golongan darah O” terang Kusnidar. (WR)