Dewan Harapkan Masyarakat Yang Datang Ke Sintang Melaporkan Diri Ke Dinkes

oleh
oleh
MAINAR PUSPA SARI

SINTANG, KN – Anggota DPRD Sintang, Mainar Puspa Sari mengatakan bila seseorang baru saja datang bepergian khususnya datang ke Sintang dari daerah zona merah covid 19, dan mengalami salah satu gejala, sehingga memiliki status orang dalam pantauan (ODP) diharapkan untuk tidak takut.

“Status ODP itu justru bisa menyelamatkan masyarakat dan diri orang tersebut, karna jika seseorang dengan sadar melaporkan diri dan menjadi ODP sesuai prosedur Dinas Kesehatan akan selalu memantau dan bila perlu dibantu dengan obat untuk menaikkan imunitasnya sehingga bisa segera sembuh dari gejala itu dan tidak was-was, keluarganya juga tidak kawatir dan tetangganya juga bisa tenang,” kata Mainar.

Kepada warga yang ada di lingkungannya ada ODP tolong dibantu juga, jangan merasa takut lalu mengucilkan ODP dan keluarga mereka, tapi beri dukungan positif agar kita bisa memutus rantai penyebaran covid-19 ini, pinta Mainar.

Politisi Partai Demokrat itu juga mengingatkan kepada masyarakat agar mengikuti anjuran pemerintah dalam memerangi covid-19, dengan cara hidup sehat, menjalankan, pola hidup bersih, meningkatkan daya imunitas tubuh.

Sementara waktu lebih baik berdiam di rumah saja, bahwa dengan patuh pada peraturan yang sudah dibuat oleh pemerintah tersebut, setiap orang dapat berkontribusi positif dalam menghentikan penyebaran covid 19 ini, pinta Mainar.

Lanjut Mainar, Kuncinya dari diri kita sendiri, kesadaran diri kita untuk memutus rantai penyebaran virus ini, kesadaran masyarakat dalam hal ini sangatlah membantu menyelamatkan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

“Teruslah berusaha dan berdoa agar kita terhindar dari wabah ini , mudah-mudahan masyarakat Kabupaten Sintang tidak ada yang terkena dampak ini,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan, dr. Harysinto Linoh menuturkan, suka duka tim DinKes yang bertugas di bagian Hot line Centre, selama menanggulangi wabah covid 19. Ada berbagai reaksi masyarakat bila dihubungkan dengan covid 19 dari reaksi sederhana hingga yang cukup berlebihan.

“Kami sudah berusaha sedini mungkin mengatasi penyebaran pandemic covid 19 khususnya untuk di wilayah Sintang. Kita sudah himbau masyarakat untuk melaporkan diri jika datang bepergian dari daerah zona merah covid 19 ini. Di Sintang cukup tinggilah orang yang melaporkan diri ini, jumlah laporan yang masuk ke kita per hari Minggu (5/4/2020) sudah ada 2.255 orang,” kata Sinto.

“Dalam proses kita untuk croscek ke mereka yang lapor ini, banyaklah ceritanya, ada yang marah-marah tersinggung kita tanya-tanya, ada yang memberi nomor telpon palsu, begitu kita hubungi nomornya tidak aktif, bahkan ada yang marah ke kita, bilangnya karna kita datang ke rumah ngecek pake APD (alat pelindung diri) sesuai standarnya, keluarganya jadi ketakutan dan mereka dikucilkan oleh tetangganya, dicurigai sedemikian rupa,” ungkapnya lagi.(*)